PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA

ASZLINDA WIDYA KARTIKA SARI, 126212202046 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Modul terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Aszlinda Widya Kartika Sari, NIM. 126212202046, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Kognitif, Asam Basa Pada proses pembelajaran kimia, hasil belajar kognitif siswa cenderung rendah pada materi asam basa. Asam basa merupakan salah satu materi yang sering dianggap sukar karena membutuhkan pemahaman algoritmik. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu proses pembelajaran asam basa yaitu penggunaan model pembelajaran dan bahan ajar yang tepat. Model pembelajaran yang dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi hal tersebut, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran berbasis masalah dapat memfokuskan siswa dalam proses pembelajaran dan mengaktifkan siswa untuk melakukan refleksi dan juga pemecahan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bahan ajar berupa E-Modul merupakan salah satu cara untuk membantu siswa berhasil dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dan dengan desain non-equivalent control group design. Sampel ini adalah kelas XI-7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas XI-9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa yang berjumlah 15 item pertanyaan pilihan ganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 0,865. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Berdasarkan hasil perhitungan uji t hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Modul berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202046 ASZLINDA WIDYA KARTIKA SARI
Date Deposited: 04 Sep 2024 18:21
Last Modified: 04 Sep 2024 18:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52660

Actions (login required)

View Item View Item