MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII A MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR

UMI MAR'ATUS SOLEHA, 126201203346 (2024) MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII A MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Membentuk Karakter Religius Pada Mata Pelajaran Akidah Akhkak Kelas VII A MTs Sunan Kalijogo Kalidawir” ini ditulis oleh Umi Mar'atus Soleha, NIM 126201203346, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci : Model Snowball Throwing, Karakter Religius, Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi dengan peneliti percaya bahwa menggunakan media buku teks saja untuk membuat materi pelajaran agama sangat kurang efektif dan efisien. Pembelajaran agama biasanya dipaksakan kepada siswa, dan siswa hanya akan belajar jika ada kesempatan dengan jadwal harian, ataupun akan ada ulangan harian. Untuk mengatasi hal ini, harus ada variasi dalam pendidikan agama agar pembelajaran tidak monoton. Selain itu, variasi ini juga dapat digunakan untuk mendorong siswa untuk belajar agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Variasi dalam proses pembelajaran secara keseluruhan akan memberikan kontribusi pada lingkungan belajar yang menyenangkan dan dinamis di mana siswa lebih menyerap pelajaran dengan baik dan hasil belajar lebih memuaskan. Sejalan dengan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan, banyak model pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan, salah satu yang paling terkenal adalah pendekatan Snowball Throwing atau model Snowball Throwing. Model pembelajaran kooperatif yang dikenal sebagai Snowball Throwing dimaksudkan untuk membuat siswa lebih terlibat dalam pengajaran di kelas, ataupun lebih aktif di kelas. Jadi sebagai seorang guru diharapkan bisa menentukan model pembelajaran dengan tepat dan bisa menyesuaikan situasi pembelajarannya, kondisi siswa-siswa, dan materi yang akan diajarkan. Kemudian peneliti menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing yang diharapkan oleh dapat meningkatkan pemahaman siswa, dan juga keaktifan siswa. Adapun Fokus Penelitian ini dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Snowball Throwing dalam membentuk karakter religius pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII A Mts Sunan Kalijogo Kalidawir ? 2) Bagaimana evaluasi pembelajaran Snowball Throwing dalam membentuk karakter religius pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII A Mts Sunan Kalijogo Kalidawir ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data dengan cara pengamatan perpanjangan, Tringulasi yang digunakan adalah tringulasi sumber, tringulasi teknik, dan tringulasi waktu. Dan Untuk teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203346 UMI MAR'ATUS SOLEHA
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:16
Last Modified: 03 Sep 2024 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52663

Actions (login required)

View Item View Item