PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BOOKCREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDIT AL MUBAROK BANJARANYAR KRAS KEDIRI

OKTAVITA ARBA'ATUN NA'IMAH, 126205202161 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BOOKCREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDIT AL MUBAROK BANJARANYAR KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi Berjudul “Pengaruh Media Pembelajaran E-Book Bookcreator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri” ditulis oleh Oktavita Arba’atun Na’imah, NIM 126205202161. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M. P.d. Kata Kunci: Media pembelajaran E-Book Bookcreator, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh beberapa masalah yang muncul saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satunya yaitu, masih rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar, khususnya pada materi Bangun Ruang. Maka perlu penggunaan media pembelajaran e-book bookcreator dalam proses belajar mengajar sehingga memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh media pembelajaran E-Book Bookcreator terhadap motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri? (2) Apakah ada pengaruh media pembelajaran E-Book Bookcreator terhadap Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri? (3) Apakah media pembelajaran E-Book Bookcreator secara Bersama-sama mempengaruhi secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Book Bookcreator terhadap motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan analisis uji MANOVA diperoleh nilai tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Book Bookcreator terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan analisis uji MANOVA diperoleh nilai tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Book Bookcreator terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan analisis uji MANOVA diperoleh nilai tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran E-book bookcreator terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V di SDIT Al Mubarok Banjaranyar Kras Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202161 OKTAVITA ARBA'ATUN NA'IMAH
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:23
Last Modified: 10 Sep 2024 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52724

Actions (login required)

View Item View Item