PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BANGUN RUANG BERBASIS NILAI KEISLAMAN SISWA KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

TASLIMATUL DINIYAH, 126205202120 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BANGUN RUANG BERBASIS NILAI KEISLAMAN SISWA KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman Siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kabupaten Tulungagung”, ditulis oleh Taslimatul Diniyah, NIM. 126205202120, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Scrapbook, Nilai Keislaman Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman Siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang dilatar belakangi oleh tidak adanya media pembelajaran bangun ruang, serta siswa membutuhkan media pembelajaran yang real dan menyenangkan agar ketertarikan siswa untuk mempelajari bangun ruang dapat terbangun. Media scrapbook dipilih karena mudah dibawa dan memuat materi bangun ruang kelas lima dengan lengkap, dikemas dalam bentuk buku menarik yang dapat dimainkan siswa. Penggunaan media pembelajaran di kelas sangat membantu guru dalam menyampaikan materi, selain itu media pembelajaran dapat membuat siswa tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian skripsi ini adalah : a) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman?, b) Bagaimana implementasi uji coba media pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman pada Siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kabupaten Tulungangung?, c) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman pada Siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kabupaten Tulungangung?. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah untuk: a) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman, b) Mendeskripsikan implementasi uji coba media pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman pada Siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kabupaten Tulungangung. c) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan media pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman pada Siswa Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kabupaten Tulungangung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementattion, And Evaluation). Tahap penelitian ini meliputi: a) analisis, b) desain, c) pengembangan oleh ahli media dan materi, d) Implementasi oleh siswa, e) Evaluasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Wawancara ditujukan kepada guru matematika atau guru kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang sementara angket ditujukan kepada validator ahli materi, validator ahli media, dan subjek uji coba, yaitu 4 siswa kelas lima, serta seluruh kelas VA SDI Miftahul Huda Plosokandang. Hasil validasi ahli materi terhadap media pembelajaran scrapbook bangun ruang berbasis nilai keislaman diperoleh skor 96.7 % dengan kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh skor 80% dengan kategori layak, uji coba skala kecil memperoleh skor 100% dengan kategori sangat layak serta implementasi memperoleh persentase 95% sehingga menyatakan bahwa Media Pembelajaran Scrapbook Bangun Ruang Berbasis Nilai Keislaman sangat layak digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202120 TASLIMATUL DINIYAH
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:12
Last Modified: 27 Sep 2024 05:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52748

Actions (login required)

View Item View Item