MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung)

ALDILA RIZKI KARTIKA DEWI GUSTINUR MAHARANI, 1880501220007 (2024) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik (Studi Multisitus MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung)” ini ditulis oleh Aldila Rizki Kartika Dewi Gustinur Maharani dengan Promotor Prof. Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen, Mutu, Pendidikan, Prestasi Mutu menjadi suatu hal yang penting dalam dunia pendidikan. Masyarakat pun juga menilai pentingnya mutu ketika akan memilih madrasah. Mutu yang baik akan penghasilkan peserta didik yang berprestasi dan memuaskan secara akademik maupun non akademik. Pada kenyataannya adalah berbagai madrasah memiliki keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran dan kualitas guru yang kurang sehingga menyebabkan tidak adanya peningkatan signifikan dalam proses pembelajaran. Bercermin dari situasi tersebut, madrasah perlu melakukan peningkatan manajemen secara keseluruhan aspek. Perlunya peningkatan mutu dapat memuaskan berbagai pihak untuk memenuhi pendidikan didalamnya, sehingga dapat mencapai sasaran atau tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini akan dikaji manajemen mutu pendidikan dengan berfokus pada tiga standar nasional yaitu: standar isi, standar proses dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Perencanaan mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung, (2) Pelaksanaan mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung, (3) Evaluasi mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung, (4) Tindak lanjut mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian yaitu ucapan serta tingkah laku dari objek penelitian, sedangkan bentuk data lainnya berbentuk foto, dokumen, dan lain-lain. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman untuk analisis situs tunggal kemudian dilakukan analisis multisitus. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas dan obyektivitas. Hasil penelitian dalam tesis ini adalah (1) Perencanaan mutu pendidikan meliputi pembentukan tim penjamin mutu, penyusunan kurikulum satuan pendidikan, penyusunan kalender pendidikan, pengembangan silabus, perencanaan RPP, perencanaan sistem penilaian, pemenuhan kuantitas guru dan perencanaan peningkatan kompetensi guru. (2) Pelaksanaan mutu pendidikan meliputi pelaksanaan silabus dan RPP, pelaksanaan muatan lokal, pengembangan diri, penetapan KKM, pemenuhan kuantitas guru, melakukan peningkatan kompetensi guru. (3) Evaluasi mutu pendidikan meliputi visi, misi dan tujuan, pengembangan mulok, pengembangan diri, supervisi kegiatan pembelajaran, penyusunan bahan ajar, jumlah pendidik yang memenuhi standar, menggunakan teknologi informasi. (4) Tindak lanjut mutu pendidikan: Pada MTsN 1 visi, misi dan tujuan telah berjalan dengan baik sesuai dengan program yang dikembangkan. Sedangkan pada MTsN 3, dilakukan dengan menjalankan program yang sudah direncanakan dan diperbaiki secara terus menerus, tindak lanjut evaluasi kurikulum MTsN 1 ada program yang belum mencapai target dan program telah mencapai target. Pada MTsN 3, memperbaiki kekurangan kurikulum merdeka pada tahun sebelumnya, muatan lokal berdasarkan program madrasah. Tindak lanjut pengembangan diri kedua madrasah melakukan follow up agar prestasi peserta didik meningkat. Tindak lanjut dari evaluasi RPP dilakukan oleh MGMP madrasah dan tindak lanjut evaluasi supervisi, kepala madrasah selalu memberikan feedback terhadap pembelajaran peserta didik kepada guru yang disupervisi. Tindak lanjut jumlah pendidik berdasarkan data yang ada di MTsN 1 Tulungagung sudah sesuai rasio, sedangkan MTsN 3 Tulungagung kekurangan guru matematika dan ipa. Untuk mendapatkan kualiatas pendidik yang lebih baik, kepala madrasah memotivasi untuk melanjutkan pendidikan dan melakukan peningkatan kompetensi guru baik kompetensi profesionalisme, pedagogik, sosial dan kepribadian. Tindak lanjut evaluasi kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi adalah dengan mengikuti pelatihan pembuatan media pelajaran berbasis digital untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220007 ALDILA RIZKI KARTIKA DEWI GUSTINUR MAHARANI
Date Deposited: 05 Sep 2024 11:47
Last Modified: 05 Sep 2024 11:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52788

Actions (login required)

View Item View Item