PENERAPAN METODE QIRA’AH MUWAHHADAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN TEBUIRENG JOMBANG

MOH. ABROR BIL A’LA, 1880506220005 (2024) PENERAPAN METODE QIRA’AH MUWAHHADAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN TEBUIRENG JOMBANG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Penerapan Metode Qira’ah Muwahhadah dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang” ini ditulis oleh Moh. Abror Bil A’la dengan pembimbing I. Prof. Dr. Abad Badruzaman, Lc, M.Ag. dan pembimbing II, Prof. Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan, Qira’ah Muwahhadah, Bacaan Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi ketika santri-santri baru pertama kali masuk di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang mereka membawa logat-logat berbeda dari daerahnya masing-masing sehingga memangaruhi dalam kualitas bacaan Al-Qur’an santri. Selain itu dengan berkembangnya teknologi banyak murattal Al-Qur’an yang dapat menjadi referensi untuk diterapkan ketika membaca Al-Qur’an. Namun terkadang orang yang baru bisa membaca Al-Qur’an justru lebih mengutamakan lagu dan mengesampingkan hukum tajwid dalam bacaannya. Oleh sebab itu KH Muhammad Yusuf Masyhar pendiri pondok pesantren Madrasatul Qur’an metode pembelajaran qiro’ah muwahhadah. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana pendekatan metode qiro’ah muwahhadah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Jombang? 2) Bagaimana Hambatan dalam penerapan metode qiro’ah muwahhadah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Pondok Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang? 3) Bagaimana faktor pendukung dalam penerapan qiro’ah muwahhadah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang? 4) Bagaimana hasil dari penerapan metode qiro’ah muwahhadah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi data-data yang diperoleh dari santri dan tenaga pengajar Unit Tahfidh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan yang dilakukan dalampembelajaran qiro’ah muwahhadah dengan memutarkan murotal dari Syekh Mahmud al-Khuzairy sesudah sholat ashar dan sebelum sholat maghrib dengan tujuan santri yang mendengarkan murotal tersebut bisa membantu dalam memudahkan meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. Pembelajaran dalam meingkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an sesuai dengan standar qiro’ah muwahhadah dikelompokkan dalam beberapa tingkatan kelas antara lain, Kelompok Naqish (D). Kelompok Mubtadi’ (C). kelompok Mutawasith (B. kelompok Muntadhir (A), dan Kelompok Maqbul. 2) Hambatan yang sering dialami ketika pembelajaran berlangsung adalah mengenai pemahaman penerimaan materi untuk santri. Santri ada yang mudah menerima materi da nada santri yang kesulitan dalam menerima materi. Sedangkan hambatan yang terjadi kepada para ustadz memutar muratal-muratal versi lain ketika diberi kewenangan memegang handphone, jika diterapkan di kelas itu akan melenceng dan tidak diperbolehkan. 3) Faktor pendukung dalam penerapan metode qiro’ah muwahhadah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an yang utama adalah support dari masyayikh, alumni, dan para wali santri. Jajaran pengasuh dan mudir memberikan ruang kepada para santri yang layak dan pantas menjadi pengajar di Madrasatul Qur’an supaya mampu menerapkan qiro’ah muwahhadah didalam diri sendiri maupun untuk orang lain. 4) Hasil yang diperoleh dari penerapan qiro’ah muwahhadah memudahkan santri dalam membaca Al-Qur’an yang sebelumnya kurang sesuai menjadi sesuai dengan lajnah arabiyah sehingga bacaan tidak cenderung dengan logat-logat yang dibawa dari rumah. Hasil yang diperoleh dari pondok ketika sudah lulus santri itu pasti akan terjun ke masyarakat seperti menjadi imam sholat, tadarusan, memimpin khotmil qur’an dan sebagainya. Hasil yang diperoleh santri dari metode qiro’ah muwahhadah memberikan nilai-nilai positif bagi santri yang sebelumnya belum bisa membaca Al-Qur’an menjadi bisa membaca dengan berbagai adaptasi yang dilakukan para santri sehingga pondok pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang sangat terkenal dari segi bacaannya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220005 MOH. ABROR BIL A'LA
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:08
Last Modified: 05 Sep 2024 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52813

Actions (login required)

View Item View Item