SELVIA EVA NOVALIANA, 126210203115 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERPEN BERBASIS PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Novaliana, Selvia Eva. 2024. Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerpen Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Teks Cerpen, Kecakapan Hidup Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar teks cerpen berbasis pendidikan kecakapan hidup. Makna kecakapan hidup dalam bahan ajar yang dimaksudkan adalah latihan-latihan soal yang di dalamnya dapat memberikan bekal kepada siswa mengenai nilai-nilai kehidupan yang dibutuhkan dan berguna bagi proses perkembangannya di masa yang akan datang. Dikembangkannya bahan ajar teks cerpen berbasis pendidikan kecakapan hidup ini siswa diharapkan dapat mereorientasikan beberapa pesan dari teks cerpen yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar ajar teks cerpen berbasis pendidikan kecakapan hidup untuk siswa kelas XI SMA/MA yang menarik, relevan, kontekstual dan mudah dipahami oleh siswa, (2) Mendeskripsikan uji kelayakan bahan ajar teks cerpen berbasis pendidikan kecakapan hidup untuk siswa kelas XI SMA/MA. Produk pengembangan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar yang di dalamnya memuat kecakapan hidup pada latihan-latihan yang disajikan untuk memudahkan dalam menganganlisis nilai-nilai kehidupan dalam teks cerpen. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan produk, (3) pengembangan prosuk, (4) implementasi atau uji coba produk, (5) evaluasi. Seluruh tahapan tersebut dilakukan untuk menghasilkan produk yang lebih maksimal dan layak digunakan dalam pembelajaran teks cerpen. Analisis data dalam pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data tertulis seperti komentar, kritik, dan saran perbaikan dari ahli materi, ahli media, dan praktisi. Semantara itu, data kuantitatif diperoleh dari penilaian validator dan tanggapan siswa tekait bahan ajar yang dikembangkan. Tahap uji coba kepada ahli materi dilakukan sebanyak dua kali beserta revisinya dengan memperoleh persentase 94%. Pada uji coba ahli media dilakukan sebanyak dua kali beserta revisiannya memperoleh persentase 97%. Sementara itu, uji coba kepada praktisi dilakukan sebanyak satu kali beserta revisinya memperoleh persentase 97%. Selanjutnya, tahap uji coba dilakukan kepada siswa sebanyak satu kali memperoleh persentase 90%. Berdasarkan hasil uji coba bahan ajar yang telah dilakukan, secara keseluruhan memperoleh persentase 94,5% dengan kategori “sangat baik” memenuhi kriteria atau layak digunakan dalam pembelajaran teks cerpen.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210203115 SELVIA EVA NOVALIANA |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:03 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52819 |
Actions (login required)
View Item |