KARTIKA CHANDRA NURKUMALA, 12212193072 (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMAN 1 BERBEK NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Berbek Nganjuk" ini ditulis oleh Kartika Chandra Nurkumala, NIM : 12212193072, pembimbing Ali Amirul Mu'minin, M.Pd. Kata Kunci: Problematika, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Kimia Pendidikan berkualitas tidak terlepas dari pembaharuan kurikulum yang dilakukan evaluasi secara periodik. Kebijakan kurikulum yang terus berganti memiliki kelemahan dimana tidak semua guru paham akan pembelajaran yang baru dikarenakan perubahan kurikulum yang masih baru. Hal ini sangat berpengaruh terhadap berjalannya suatu sistem pembelajaran khususnya pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran kimia di SMAN 1 Berbek Nganjuk, (2) mengidentifikasi kendala dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran kimia di SMAN 1 Berbek Nganjuk. (3) Mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran kimia di SMAN 1 Berbek Nganjuk. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari Kepala sekolah, guru serta siswa. Teknik pengumpulan data yang digunak observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data menurut Milles and Huberman antara lain pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verification. Penelitian ini menggunakan tiga tahap penelitian yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Kurikulum Merdeka yang dilakukan di SMAN 1 Berbek Nganjuk belum maksimal, karena pelaksanaannya cukup baru sehingga masih dalam tahap penyesuaian. (2) Problematika yang terjadi dalam penerapan Kurikulum Merdeka khususnya pada mata pelajaran Kimia SMAN 1 Berbek Nganjuk ialah guru kesulitan dalam mengubah kebiasaan lama mengajar yang masih menggunakan model pembelajaran Kurikulum 2013, guru Kimia kurang memahami secara detail terkait pembelajaran diferensiasi dan merasa kesulitan jika menerapkannya dalam pembelajaran, serta banyaknya macam perbedaan perangkat pembelajaran yang harus dikerjakan sebelum pembelajaran. (3) Solusi yang dilakukan dalam upaya menanggapi problematika yang ada adalah memperluas pengetahuan dan mencoba hal-hal baru termasuk metode-metode yang bervariasi dalam pembelajaran, melalui kegiatan workshop ataupun berdiskusi dengan guru kimia lainya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193072 KARTIKA CHANDRA NURKUMALA |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:51 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52874 |
Actions (login required)
View Item |