PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI GARIS DAN SUDUT MTSN 3 JOMBANG

SANTI NURAISAH, 126204201034 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI GARIS DAN SUDUT MTSN 3 JOMBANG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Nuraisah, Santi. 2024. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Materi Garis dan Sudut MTsN 3 Jombang. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya, matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mendukung, dan rendahnya semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh sebab itu peneliti menerapkan media pembelajaran berupa video animasi yang akan melibatkan siswa secara aktif dan efektif agar memudahkan siswa dalam belajar matematika. Hal ini dapat membuat siswa lebih tertarik sehingga akan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII materi garis dan sudut MTsN 3 Jombang, (2) mengetahui besar pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII materi garis dan sudut MTsN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Jombang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa yang akan diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video animasi dan VII V sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa yang akan melakukan pembelajaran dengan metode konvensional. Data dalam penelitian ini diambil dari nilai post-test kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t-tes Independent untuk rumusan masalah pertama dan uji effect size untuk rumusan masalah yang kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII materi garis dan sudut MTsN 3 Jombang. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan diperoleh nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201034 SANTI NURAISAH
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:57
Last Modified: 09 Sep 2024 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52885

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item