IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO EDUKASI ANIMASI KARTUN DALAM PEMBELAJARAN SKI PADA SISWA KELAS IV DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN

MUHAMMAD DLIYAUDDIN, 126205203263 (2024) IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO EDUKASI ANIMASI KARTUN DALAM PEMBELAJARAN SKI PADA SISWA KELAS IV DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Media Video Edukasi Animasi Kartun dalam Pembelajaran SKI Pada Siswa Kelas IV di MI Nurul Jadid Kolomayan” ini ditulis oleh Muhammad Dliyauddin, NIM. 126205203263, Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh : Septinaningrum, M. Pd. Kata Kunci : Implementasi, Animasi Kartun, Motivasi Teknologi komunikasi yang semakin maju dapat mendukung dan menunjang video animasi kartun, animasi kartun merupakan video yang memiliki gaya audio visual yang menarik dengan kemajuan teknologi yang ada menjadikan video animasi tayangan yang menyenangkan membuat anak-anak nyaman dan senang. Peran teknologi proses pembelajaran seperti media pembelajaran baik audio maupun audio visual. Dalam proses belajar mengajar seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dengan menggunakan kecanggihan teknologi digital yang ada. . Peran teknologi yang semakin modern menjadikan kertas yang awalnya hanya sebuah gambar dapat divisualisasikan menjadi sebuah video, dengan berkembangnya waktu animasi kartun dapat dijadikan sebuah media pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti merumuskan fokus penelititan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah upaya guru dalam perencanaan media video animasi kartun sebagai media pembelajaran? 2) Bagaimanakah implementasi media pembelajaran berbasis video animasi kartun dalam pembelajaran? 3) Bagaimanakah evaluasi implementasi media video animasi kartun sebagai media pembelajaran? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yakni dengan mendeskripsikan dan menganalisa tentang fenomena yang terjadi di lapangan selama penelitian berlangsung terkait dengan implementasi video animasi kartun dalam pembelajaran SKI pada siswa kelas IV di MI Nurul Jadid Kolomayan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru dalam merencanakan implementai media animasi kartun meliputi menentukan materi dan metode yang cocok menggunakan media animasi kartun. Guru perlu menyiapkan alat bantu pendukung untuk efektifitas implementasi media animasi kartun. 2) Upaya guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan membimbing siswa dalam diskusi sehingga siswa mampu menyerap pembelajaran dengan baik. 3) Upaya guru melihat keberhasilan implementasi media animasi kartun dengan melakukan observasi dan pre test post test dalam melihat motivasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media animasi kartun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203263 MUHAMMAD DLIYAUDDIN
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:55
Last Modified: 09 Sep 2024 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52929

Actions (login required)

View Item View Item