IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI KURIKULUM VISI SEMESTA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Al-Gontory Tulungagung)

ARDEA NENDY REGITA CAHYANINGSEPTI, 126206202029 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI KURIKULUM VISI SEMESTA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Al-Gontory Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Terintegrasi Kurikulum Visi Semesta Pendidikan Anak Usia Dini Studi Kasus di TK Al-Gontory Tulunagung” yang ditulis oleh Ardea Nendy Regita Cahyaningsepti NIM 126206202029. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Ahmad Mushlih, M.Pd Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum Merdeka, Kurikulum Visi Semesta Penelitian ini didasarkan pada konteks penelitian yaitu dengan adanya perubahan konsep pendidikan sebab adanya kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Dibalik konsep pembelajaran manajemen kurikulum merdeka tidak terlepas dari adanya masalah yang timbul dalam pembelajaran kurikulum merdeka yaitu hal menyesuaikan perubahan dunia pendidikan serta kurangnya pengetahuan dan semangat guru yang belum siap terhadap perubahan kurikulum, khususnya pergantian perangkat pembelajaran. Sehingga perlu adanya manajemen kurikulum di setiap lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini adalah (1) implementasi manajemen kurikulum merdeka terintegrasi kurikulum visi semesta di TK Al-Gontory Tulungagung (2) nilai-nilai pengembangan kurikulum visi semesta yang menjadi acuan pada manajemen kurikulum merdeka terintegrasi kurikulum visi semesta di TK AlGontory Tulungagung (3) manfaat bagi siswa dan lembaga sekolah dari manajemen kurikulum merdeka terintegrasi kurikulum visi semesta di TK AlGontory Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan: Jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di TK Al-Gontory Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum dan guru kelas, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada TK Al-Gontory Tulungagung terdapat pengintegrasian kurikulum yaitu kurikulum merdeka dan kurikulum visi semesta. Pada tahap perencanaan dalam mengintegrasikan materi kedua kurikulum yaitu dengan memadukan kedua jenis materi tersebut pada modul ajar dan smart book kurikulum merdeka.. Pada pelaksanaan kurikulum mekanisme dalam mengintegrasikan antara dua kurikulum ini yaitu pada kegiatan sentra. Untuk evaluasi ada dua jenis yaitu evaluasi tribulan dan evaluasi kurikulum merdeka. Nilai acuannya adalah kurikulum merdeka, modul ajar, smart book dan nilai-nilai keagamaan. Manfaat bagi lembaga adanya manajemen kurikulum yaitu membantu tenaga pendidik untuk mengimplementasikan kegiatan pembelajaran. Sedangkan bagi peserta didik yaitu membantu membentuk sikap yang baik sejak dini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202029 ARDEA NENDY REGITA CAHYANINGSEPTI
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:17
Last Modified: 09 Sep 2024 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52948

Actions (login required)

View Item View Item