IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus di TK Al-Gontory Tulungagung)

AMALIA NOVIANTI, 126206202027 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus di TK Al-Gontory Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Digital Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk AlGontory Tulungagung)” ini ditulis oleh Amalia Novianti, NIM. 126206202027, serta dibimbing oleh Ahmad Mushlih, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen, Teknologi Informasi Digital Penelitian ini didasarkan pada konteks penelitian oleh tentang Manajemen pembelajaran di sekolah yang belum teratur dan banyak hambatan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi digital. Selain itu juga infrastruktur dan sarana prasarana pada lembaga pendidikan belum memadai serta masih minimnya stimulus dalam pemanfaatan teknologi informasi digital. Oleh karena itu dibutuhkannya implementasi manajemen pembelajaran berbasis teknoogi informasi digital pada sebuah lembaga. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi digital pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Gontory Tulungagung? (2) Bagaimana manfaat manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi digital pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Gontory Tulungagung? (3) Apa saja faktor pendukung dan solusi kendala manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi digital pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Gontory Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian : (1) implementasi manajemen pembelajaran teknologi informasi digital di TK Al-Gontory dibagi menjadi 4 yaitu yang pertama perencanaan: Guru membuat RPP dan menyediakan perangkat pembelajaran. Kedua pengorganisasian: Penanggung jawab membuat jadwal IT dan guru mengajar IT susuai kelas masing-masing. Ketiga Pelaksanaan: Pembelajaran IT sesuai jadwal, mengkombinasikan pembelajaran IT dengan tema, menggunakan berbagai metode. Keempat evaluasi Dilakukan setiap selesai pembelajaran IT dan tiap pekan. (2) Manfaat yaitu yang pertama bagi anak: Anak mengetahui kegunaan laptop dan cara mengoprasikannya, meningkatkan motorik halus dan fokus anak, Anak belajar sabar dan mengantri. Kedua bagi lembaga: Mengangkat nama lembaga dan minat masyarakat meningkat. (3) Faktor pendukung dan solusi kendala. Pertama faktor pendukung: Mendapat dukungan dari yayasan dan wali murid, Kemampuan SDM atau guru dalam pelaksanaan pembelajaran IT. Kedua solusi kendala: kendalanya Anak-anak berebut dalam menggunkan laptop serta Tertundanya jadwal pelaksanaan yang disebabkan karena agenda-agenda yang mendadak. Solusinya dengan Menanamkan kesetiaan untuk berlatih kesabaran, berlatih empati pada anak dan Guru membagi tugas agar semua kegiatan dapat berjalan secara seimbang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202027 AMALIA NOVIANTI
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:23
Last Modified: 09 Sep 2024 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52951

Actions (login required)

View Item View Item