TIWI EKA AGUSTIN, 126205201070 (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI MUHAMMADIYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (738kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (347kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (670kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (417kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Agustin, Tiwi Eka. 2024. Implementasi Metode Ummi dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MI Muhammadiyah Kamulan Durenan Trenggalek. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M. A. Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena pentingnya pembelajaran Al-Qur’an dan rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Muhammadiyah Kamulan. Berdasarkan informasi yang diperoleh peneliti, terdapat peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Maka dalam hal ini upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mengadakan program pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi untuk menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran makharijul huruf melalui metode ummi dalam menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an?, (2) Bagaimana pembelajaran tajwid melalui metode ummi dalam menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an?, (3) Bagaimana hambatan dan solusi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi dalam menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran makharijul huruf, tajwid, dan hambatan serta solusi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi. Pendekatan yang digunkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Pembelajaran makharijul huruf melalui metode ummi meliputi tujuh tahapan yaitu tahap pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup. (2) Pembelajaran tajwid melalui metode ummi terdiri dari tujuh tahapan yaitu tahap pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup. (3) Hambatan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi yaitu pertama, kurangnya kedisiplinan peserta didik solusinya yaitu dengan menegurnya, menukar posisi tempat duduk, dan memberikan sanksi. Kedua, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, solusinya yaitu diadakan pembagian kelas sesuai kemampuannya dan memberikan jam tambahan. Ketiga, kurangnya guru ummi, solusinya terus mencari dan merekrut guru ummi terutama yang sudah lulus sertifikasi guru ummi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201070 TIWI EKA AGUSTIN |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:50 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52953 |
Actions (login required)
View Item |