NI'MATUR ROHMAH, 126208201033 (2024) PENGARUH MEDIA HERBARIUM TERHADAP KREATIVTAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP IT SUNAN KALIJAGA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (999kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Pelajaran IPA mencakup banyak materi, salah satunya adalah materi Klasifikasi Makhluk Hidup yang ada di kelas VII. Banyaknya sub bab materi dan kurangnya inovasi media pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab dari rendahnya kreativitas dan hasil belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan adanya media herbarium sebagai media pembelajaran baru. Adanya media tersebut diharapkan memudahkan siswa untuk mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan mampu mengembangkan kreativitas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh media herbarium terhadap kreativitas siswa kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar (2) Menganalisis pengaruh media herbarium terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar (3) Menganalisis pengaruh media herbarium terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar. Sumber data berasal dari siswa yang diperoleh dari lembar tes dan angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Ada pengaruh media herbarium terhadap kreativitas siswa kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar yang ditunjukkan dari hasil uji Independent Sample t-Test dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh media herbarium terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar yang bisa dilihat dari uji Independent Sample t-Test dengan nilai Sig. sebesar 0,017 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh media herbarium terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar yang ditunjukkan oleh hasil dari uji manova dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Biologi > Tumbuhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208201033 NI'MATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:46 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52969 |
Actions (login required)
View Item |