PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN BAMBU BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II MI DARUL HUDA SUMBER NGANTRU TULUNGAGUNG

ZUNI NASHATUL MUSTAFIDA, 126205201001 (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN BAMBU BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II MI DARUL HUDA SUMBER NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Alat Peraga Papan Bambu Berbasis Nilai-Nilai Keislaman pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Kelas II MI Darul Huda Sumber Ngantru Tulungagung” yang ditulis oleh Zuni Nashatul Mustafida, NIM. 126205201001, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Ibu Uswatun Hasanah S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Alat peraga, Nilai-nilai Keislaman. Materi perkalian dan pembagian termasuk salah satu materi yang sulit untuk dipahami. Hasil observasi menunjukkan bahwa di MI Darul Huda Sumber Ngantru Tulungagung proses belajar perkalian dan pembagian masih dilakukan dengan menyampaikan materi saja tanpa adanya pemanfaatan alat peraga pembelajaran. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang fokus pada saat pembelajaran. Oleh karena itu, peserta didik membutuhkan alat peraga pembelajaran yang dapat memaksimalkan proses belajar perkalian dan pembagian. Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat digunakan sebagai pendekatan dalam menjelaskan nilai keislaman. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk mengembangkan alat peraga papan bambu berbasis nilai-nilai keislaman pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana proses pengembangan alat peraga papan bambu berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perkalian dan pembagian peserta didik kelas II MI Darul Huda Sumber Ngantru Tulungagung. (2) Bagaimana kelayakan alat peraga papan bambu berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perkalian dan pembagian peserta didik kelas II MI Darul Huda Sumber Ngantru Tulungagung. (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap alat peraga papan bambu berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perkalian dan pembagian peserta didik kelas II MI Darul Huda Sumber Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengembangkan suatu produk baru berupa alat peraga pembelajaran dalam dunia pendidikan. Model pengembangan pada penelitian R&D ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian meliputi observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Proses pengembangan alat peraga papan bambu berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perkalian dan pembagian dilaksanakan dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Tingkat kelayakan alat peraga papan bambu berbasis nilai-nilai keislaman menunjukkan presentase skor sebesar 82% dari ahli media dan presentase skor sebesar 96% oleh ahli materi sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. (3) Berdasarkan penilaian peserta didik terhadap alat peraga papan bambu berbasis nilai-nilai keislaman pada uji coba skala besar memperoleh persentase penilaian sebesar 89,6% sangat layak. Hal tersebut menujukan bahwa peserta didik memiliki respon positif, sehingga alat peraga dapat digunakan dalam proses belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201001 ZUNI NASHATUL MUSTAFIDA
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:10
Last Modified: 09 Sep 2024 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52999

Actions (login required)

View Item View Item