PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

RUHIMA NAHARIL MUNTAZA, 2811133233 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Ruhima Naharil Muntaza,NIM 2811133233,Tahun 2016,Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah,M.Ag Kata kunci : Peran Guru, Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa dunia pendidikan saat ini kurang mampu membina kecerdasan emosional para siswa. Akibatnya, perkembangan psikologis dan sosial siswa menjadi terhambat sehingga siswa kurang mampu mengelola emosi dirinya dengan baik. Pengaruh dari adanya perubahan sistem politik, sosial dan budaya banyak menyebabkan melemahnya perkembangan psikologis dan sosial siswa, sehingga siswa rentan terbawa arus perubahan dan sulit untuk membedakan sekaligus menyaring mana yang baik dan mana yang buruk. Pendidikan agama sangat dibutuhkan dalam hal ini, yaitu sebagai pegangan para siswa dalam menghadapi kehidupan. Pendidikan Agama Islam (PAI) serta peran guru agama di sekolah sangatlah penting dalam pembentukan pola perilaku siswa. Fokus penelitian skripsi ini adalah : (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan memotivasi diri siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? ( 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengelolah emosi diri siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dalam membina hubungan dengan orang lain? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan peneliti menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan study dokumentasi di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Sedangkan untuk analisisnya,peneliti menggunakan teknik analisis Milles dan Hubberman, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133233 RUHIMA NAHARIL MUNTAZA
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:15
Last Modified: 04 Jul 2017 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item