PERANCANGAN MODEL BISNIS PADA KURSUS MENGEMUDI MOBIL MAJAPAHIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

HADIYANA IHDA BILMA'RIFA, 126405202156 (2024) PERANCANGAN MODEL BISNIS PADA KURSUS MENGEMUDI MOBIL MAJAPAHIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (389kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perancangan Model Bisnis pada Kursus Mengemudi Mobil Majapahit dengan Menggunakan Metode Pendekatan Business Model Canvas (BMC)” yang ditulis oleh Hadiyana Ihda Bilma'rifa, NIM. 126405202156, pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Penelitian ini didasarkan pada masalah yang timbul setelah peneliti melakukan pengamatan awal terkait dengan tutupnya dua cabang kursus mengemudi Majapahit di Tulungagung. Dalam penelitian ini, penulis berusaha untuk mengidentifikasi strategi bisnis yang kurang efektif dan efisien serta merancang model bisnis yang dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam mengembangkan bisnis kursus mengemudi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengajukan suatu rancangan model bisnis bagi Kursus Mengemudi Mobil Majapahit dengan menggunakan metode pendekatan Business Model Canvas (BMC), sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional, daya saing, dan keberlanjutan bisnis lembaga kursus mengemudi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode ini bertujuan untuk memahami objek penelitian secara mendalam dan intensif dengan mengumpulkan berbagai sumber informasi. Dalam penelitian ini, peneliti telah melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung terhadap lembaga kursus mengemudi Majapahit untuk menganalisis internal perusahaan mengenai elemen Business Model Canvas (BMC). Hasil menunjukkan bahwa masalah operasional pada dua cabang yang tutup sebelumnya disebabkan oleh hilangnya target pasar akibat pandemi COVID-19. Pembatasan perjalanan menghambat pekerjaan dan perekonomian TKI di Bandung dan Ngunut, yang berdampak pada penurunan penjualan mobil dan kursus mengemudi mobil. Pemilik memutuskan menutup kedua cabang tersebut dan fokus pada empat cabang di Tulungagung dan Kediri. Perusahaan seharusnya menganalisis target pasar dengan lebih mendalam dan mempertimbangkan variasi pasar yang berbeda. Analisis internal menggunakan BMC dapat membantu perencanaan dan pengelolaan bisnis yang lebih efektif. Penelitian ini menghasilkan model bisnis berupa 9 blok Business Model Canvas (BMC) dan bebarapa rekomendasi strategi dari analisis elemen BMC. Kesimpulan dari penelitian ini berupa 9 blok Business Model Canvas (BMC), serta Majapahit dapat membagi konsumennya menjadi 5 segmen, termasuk masyarakat umum, remaja, pemula, profesional, dan konsumen khusus. Untuk meningkatkan saluran promosi, Majapahit dapat meningkatkan kualitas konten di media sosial, menjaga tampilan akun sosial media yang rapi, dan menambahkan testimoni konsumen. Ini akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk atau layanan Majapahit. Kata kunci: Strategi Bisnis, Model Bisnis, Business Model Canvas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405202156 HADIYANA IHDA BILMA'RIFA
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:57
Last Modified: 10 Sep 2024 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53025

Actions (login required)

View Item View Item