ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 DURENAN

KIKI AMANDA, 126208202053 (2024) ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesiapan Laboratorium Dalam Mendukung Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Durenan” ini ditulis oleh Kiki Amanda, NIM. 126208202053, pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kesiapan Laboratorium, Pembelajaran Biologi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting laboratorium sebagai media penunjang pembelajaran biologi melalui kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum dapat dilaksanakan apabila lembaga pendidikan menyediakan sebuah tempat yang dinamakan laboratorium. Laboratorium tersebut harus sudah memenuhi standar atau kesiapan yang salah satunya mengacu pada Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Selain itu, permasalahan yang kerap ditemui di lapangan adalah belum diketahui dengan baik mengenai standar kesiapan dari laboratorium yang harus dipenuhi. Standar kesiapan tesebut antara lain sarana dan prasarana laboratorium biologi, layanan kegiatan praktik di laboratorium, dan keterampilan laboratorium. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kesiapan laboratorium dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran biologi di SMAN 1 Durenan. (2) Menganalisis kesiapan layanan kegiatan praktik di laboratorium untuk mendukung pembelajaran biologi di SMAN 1 Durenan. (3) Menganalisis kesiapan laboratorium dalam membelajarkan keterampilan laboratorium (praktikum) untuk mendukung pembelajaran biologi di SMAN 1 Durenan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMAN 1 Durenan. Sumber data berasal dari tenaga pranata laboratorium dan guru biologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Kesiapan sarana dan prasarana laboratorium biologi di SMAN 1 Durenan berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 menunjukkan persentase sebesar 89,16% dengan kategori sangat baik. Meskipun demikian, terdapat beberapa alat dan bahan yang masih kurang memenuhi standar seperti jumlah tidak sesuai standar dan belum tersedia di laboratorium biologi. (2) Kesiapan layanan kegiatan praktik di laboratorium biologi di SMAN 1 Durenan berdasarkan hasil angket menunjukkan persentase sebesar 87,6% dengan kategori sangat baik. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang menyebabkan layanan kegiatan praktik kurang optimal. (3) Kesiapan laboratorium dalam membelajarkan keterampilan laboratorium (praktikum) berdasarkan hasil angket menunjukkan persentase sebesar 93,55% dengan kategori sangat baik. Guru sudah memberikan fasilitas secara optimal agar keterampilan siswa dapat berkembang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202053 KIKI AMANDA
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:02
Last Modified: 23 Sep 2024 06:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53209

Actions (login required)

View Item View Item