PENGEMBANGAN FLIPBOOK MATERI PROSES PENGATURAN PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 KARANGREJO

DEWI SEKAR AMBARWATI, 126208201006 (2024) PENGEMBANGAN FLIPBOOK MATERI PROSES PENGATURAN PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 KARANGREJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengembangan flipbook materi proses pengaturan pada tumbuhan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas XI SMA Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Karangrejo" ini ditulis oleh Dewi Sekar Ambarwati, NIM. 126208201006, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: flipbook, hasil, minat belajar, proses pengaturan pada tumbuhan Perubahan kurikulum yang awalnya adalah kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka membuat beberapa aspek dalam kegiatan pembelajaran haruslah mengalami penyesuaian dengan kurikulum terbaru. Salah satunya adalah sumber belajar yang digunakan. Perubahan kurikulum ini menyebabkan beberapa sumber belajar tidak lagi sesuai dengan materi yang dimasukkan dalam kurikulum terbaru sehingga menyebabkan kekurangan sumber belajar yang ada. Selain itu, permasalahan terkait sumber belajar konvensional yang sebagian besar berupa teks juga menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan. Kondisi ini memunculkan kebutuhan akan sumber belajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka serta interaktif dan menarik sehingga mampu meningkatkan hasil dan minat siswa dalam belajar. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian dan pengembangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan flipbook materi proses pengaturan pada tumbuhan untuk Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka, 2) Untuk mendeskripsikan kelayakan flipbook materi proses pengaturan pada tumbuhan kelas XI SMA Kurikulum Merdeka dan 3) Untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas flipbook proses pengaturan pada tumbuhan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas XI SMA Kurikulum Merdeka Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo Tulungagung sebanyak 2 kelas dengan desain uji coba non-equivalent group design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, tes tulis dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi statistic deskriptif dengan metode persentase untuk menganalisis angket dan statistic parametrik berupa uji T-Independent Test, uji Manova dan N-gain untuk menganalisis efektivitas produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini diantaranya: 1) proses pengembangan flipbook melalui lima tahapan yakni, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan di SMAN 1 Karangrejo Tulungagung khususnya kelas XI membutuhkan pengembangan sumber belajar pada materi proses pengaturan pada tumbuhan. Hasil kegiatan desain adalah rancangan flipbook berupa storyboard, pemilihan media pendukung dan penyusunan instrument validasi. Hasil kegiatan mengembangkan adalah perwujudan flipbook dalam bentuk final berupa tautan link. Hasil implementasi diperoleh dari hasil uji keterbacaan siswa dengan nilai 93.1% yang artinya flipbook sangat layak dan sangat menarik. Hasil evalusi berupa kegiatan perbaikan flipbook dengan didasarkan dari saran dan masukan ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran. 2) hasil analisis kelayakan flipbook berdasarkan hasil ahli materi sebanyak 92.3% dengan kriteria sangat valid, ahli materi 82.6% dengan kriteria valid dan guru mata pelajaran sebanyak 78% dengan kriteria valid. 3) produk ini telah mencapai tingkat efektivitas cukup dengan dasar hasil uji T-Independent Test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) masing masing dibawah 0.05. Selain itu, perolehan nilai dari uji MANOVA yang menunjukkan nilai Sig. 0.000. Dan analisis nilai N-gain yang mencapai 69.09% pada kelas eksperimen menujukkan dengan kategori cukup efektif. Artinya flipbook materi proses pengaturan pada tumbuhan cukup efektif untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas XI SMA Kurikulum Merdeka di SMAN I Karangrejo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201006 DEWI SEKAR AMBARWATI
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:09
Last Modified: 17 Sep 2024 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53216

Actions (login required)

View Item View Item