DINI WIDIYASTUTIK, 126201201040 (2024) STRATEGI GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS XI DI MA AL-ISLAMY SEDATI MOJOKERTO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (611kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Strategi Guru Al-Quran Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas XI Di MA Al-Islamy Sedati Kabupaten Mojokerto ini ditulis oleh Dini Widiyastutik Nim. 126201201040, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh St. Noer Farida Laila. Kata Kunci : Strategi guru, Kemampuan membaca Al-Quran. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an siswa masih rendah dan mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwasanya terdapat variasi kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran di MA Al-Islamy Sedati terutama dalam dua aspek dari segi makhorijul huruf dan tajwid. Dengan adanya latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian terkait strategi yang guru gunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI dari segi makhorijul huruf di MA Al-Islamy Sedati kabupaten Mojokerto 2) Untuk mendeskripsikan Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI dari segi tajwid di MA Al-Islamy Sedati kabupaten Mojokerto Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan cara triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI dari segi makhorijul huruf di MA Al-Islamy Sedati kabupaten Mojokerto yaitu melalui beberapa strategi yaitu mulai dari demonstrasi langsung, gambar anatomi mulut dan tenggorokan, evaluasi kemampuan membaca dengan pengukuran keberhasilan, waktu tambahan. Semua strategi tersebut digunakan sebagai kesatuan strategi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI dari segi makhorijul. 2) Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI dari segi tajwid di MA Al-Islamy Sedati kabupaten Mojokerto yaitu guru menggunakan strategi : metode tutor sebaya, melakukan pendekatan diferensiasi, melakukan ujian praktek dan evaluasi secara berkala, bimbingan tambahan dalam kelompok dan individu. Dengan menggunakan strategi tersebut dinilai sangat efektif meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dari segi tajwid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201040 DINI WIDIYASTUTIK |
Date Deposited: | 22 Sep 2024 06:47 |
Last Modified: | 22 Sep 2024 06:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53263 |
Actions (login required)
View Item |