PENGEMBANGAN POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA

RAHMA FATIKA ZANAY, 126208203104 (2024) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (567kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengembanngan Pop-up book Sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA” ditulis oleh Rahma Fatika Zanay, NIM 126208203104, pembimbing: Dr. Eni Setyowati, S Pd, M.M. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop-up book, Sistem Reproduksi Manusia Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan dalam pemahaman siswa mengenai materi biologi sistem reproduksi manusia yang dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar peserta didik secara akademik. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah LKS dan buku paket, sehingga peserta didik kurang menarik dan merasa bosan dan pembelajaran menjadi monoton. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah pop-up book ini valid digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI IPA di MA Sunan Kalijogo 2) Untuk mengetahui apakah pop-up book ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI IPA di MA Sunan Kalijogo 3) Untuk mengetahui apakah media pembelajran pop-up book ini efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia Kelas XI MIPA di MA Sunan Kalijogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan melalui lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa angket dan soal tes. Angket digunakan untuk mengetahui kevalidan dan keprakstidan media pembelajaran oleh validator serta untuk mengetahui motivasi peserta didik. Sedangkan soal tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar dari peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1) Kevalidan media pembelajaran pop-up book diperoleh hasil validasi oleh ahli media 84% dan ahli materi yaitu 97% dengan kategori sangat valid atau layak digunakan. 2) Kepraktisan media pembelajaran pop up book berdasarkan angket kelayakan oleh guru mata pelajaran memperoleh persentase skor 90% dan 86% dengan kategori sangat praktis dan layak digunakan. 3) Keefektifan media pembelajaran pop-up book berdasarkan hasil uji coba lapangan dan dianalisis dengan menggunakan uji independent t-test melalui SPSS, diperoleh pada hasil angket motivasi siswa diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 dan dan hasil belajar peserta didik diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji multivariate test menunjukkan bahwa nilai sig pada kelas yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran pop-up book biologi terhadap motivasi dan hasil belajar kelas XI-IPA MA Sunan Kalijogo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203104 RAHMA FATIKA ZANAY
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:36
Last Modified: 20 Sep 2024 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53292

Actions (login required)

View Item View Item