PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOK CREATOR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 2 PRAYUNGAN NGANJUK

AMELIANA BALYA SAKTI, 1880505220016 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOK CREATOR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 2 PRAYUNGAN NGANJUK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ameliana Balya Sakti NIM. 1880505220016, “Pengembangan Media Pembelajaran Book Creator Dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 2 Prayungan” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, 2024. Dibimbing oleh Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media, Book Creator, Pemahaman Pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam kesulitan memahami materi Ilmu Pengetahuan Alam dan minimnya penggunaan media pembelajaran dalam pelajaran IPA di SDN Prayungan. Maka dari itu pembelajaran IPA harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan dapat memberikan contoh konkret atau nyata. Diantarnya media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPA adalah menggunakan media pembelajaran digital book creator. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui desain model media pembelajaran digital book, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran digital book, 3) Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran digital book dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA berbasis book creator kelas V di SDN Prayungan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan dan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Develovment). Desain pengembangan dalam penelitian ini berpacu pada model Bord & Gall. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Book Creator pada materi IPA Semester II Kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data melalui analisis pengembangan dan kelayakan media pembelajaran dan analisis kefektifan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah: 1) Desain model media pembelajaran digital book terdiri dari beberapa tahapan antara lain analisis kebutuhan, perencanaan, dan pengembangan produk awal. 2) Media pembelajaran digital book pembelajaran IPA berbasis book creator kelas V di SDN 2 Prayungan Nganjuk layak dikembangkan dan digunakan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 82,84% dan ahli materi sebesar 79,05%. 3) Terjadi peningkatan kemampuan pemahaman pembelajaran IPA kelas V di SDN 2 Prayungan Nganjuk sebesar 15%. Kemudian hasil N-Gain Score diperoleh hasil 61,56 yang artinya nilai tersebut berada diantara nilai 56 – 75. Maka media pembelajaran Book Creator untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA kelas V di SDN 2 Prayungan Nganjuk cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220016 AMELIANA BALYA SAKTI
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:53
Last Modified: 21 Sep 2024 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53325

Actions (login required)

View Item View Item