PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTs MA’ARIF NU GANDUSARI

SISCA DYAHHERTINA, 126207203105 (2024) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTs MA’ARIF NU GANDUSARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (745kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs Ma’arif NU Gandusari”, ini ditulis oleh Sisca Dyahhertina. NIM.126207203105 . Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Pengelolaan, Sarana Dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana prasarana di Madrasah bisa menjadi masalah serius karena memengaruhi proses pembelajaran siswa di suatu lembaga pendidikan, kurangnya sarana dan prasarana dapat membuat proses pembelajaran tidak berjalan secara maksimal .Pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di MTs Ma’arif NU Gandusari sudah terlaksana dengan baik sehingga sarana dan prasarana sudah sangat memadai dengan begitu pembalajaran berjalan secara efektif. Adapun tujuan penelitian adalah, (1) Untuk mendeskripsikan kondisi sarana dan prasarana yang ada di MTs Ma’arif NU Gandusari.(2)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Ma’arif NU Gandusari.(3)Untuk mendeskripsikan evaluasi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Ma’arif NU Gandusari.(4)Untuk mendeskripsikan hasil pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Ma’arif NU Gandusari Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa(1)Teknik observasi,(2)Teknik wawancara, dan(3)Teknik dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles And Huberman yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan credibility,transferability,depenability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi sarana dan prasarana yang ada di MTs Ma’arif NU Gandusari sudah memadai. Perkembangan sarana dan prasarana dari tahun ke tahun selalu ada pembaharuan. Perkembangan yang dilakukan MTs Ma’arif NU Gandusari tergantung dengan anggaran dana yang tersedia.(2)Pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Ma’arif NU Gandusari dengan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan yang dilakukan dengan mengadakan rapat tahunan pada awal semester pembelajaran, dengan membahas rencana yang akan dilakukan seperti pembuatan rencana anggaran dan alokasinya disesuaikan dengan kebutuhan madrasah. Pemeliharaan yang dilakukan yaitu pemeliharaan rutin dengan setiap hari kepala dan guru mengecek sarana dan prasarana (3)Evaluasi yang dilakukan di MTs Ma'arif NU Gandusari yaitu dengan pemantauan kepala madrasah dan dibantu oleh guru. Bentuk evaluasi MTs Ma’arif NU Gandusari adalah peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana dengan pemantauan secara rutin terhadap kondisi fisik sarana dan prasarana. (4) Hasil dari pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu pelaksanaannya melalui perencanaan pemeliharaan dan evaluasi dimana itu semua sudah terlaksana dengan baik di MTs Ma’arif Nu Gandusari. maka pembelajaran berjalan efektif dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203105 SISCA DYAHHERTINA
Date Deposited: 21 Sep 2024 05:29
Last Modified: 21 Sep 2024 05:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53376

Actions (login required)

View Item View Item