PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK DI LEMBAGA PANTI ASUHAN ANAK YATIM DAN FAKIR MISKIN HIKMATUL HAYAT SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

TRI NOVA QONAAH, 2811133261 (2017) PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK DI LEMBAGA PANTI ASUHAN ANAK YATIM DAN FAKIR MISKIN HIKMATUL HAYAT SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembinaan Akhlakul Karimah Pada Anak Di Lembaga Panti Asuhan Anak Yatim Dan Fakir Miskin Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Tri Nova Qonaah, NIM 2811133261, dengan pembimbing oleh Dr. Hj, Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Akhlakul Karimah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembinaan akhlakul karimah tentang kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab pada anak asuh perlu dilakukan sejak dini.Pembinaan ini diartikan sebagai usaha, tindakan, dan kegiatan yang dilakukan secara efsisien dan efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik, pembinaan ini bisa dari orang tua kandung bagi mereka yang masih mempunyai keluarga yang utuh. Dan bagi mereka yang tinggal di dalam Lembaga Panti Asuhan akan mendapat pembinaan akhlak dari pengasuh (pengurus, guru/ustad) di dalam Lembaga Panti Asuhan. Untuk mempunyai akhlakul karimah yang baik diperlukan latihan-latihan dan juga pembinaan yang baik, sehingga dari latihan yang mereka jalani setiap harinya maka secara tidak langsung pesan-pesan moral yang terkandung di dalam pembinaan akhlakul karimah ini akan tertanam pada diri anak asuh. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pembinaan Kejujuran pada anak di Lembaga Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung?(2) Bagaimana pembinaan Disiplin pada anak di Lembaga Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana pembinaan Tanggungjawab pada anak di Lembaga Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pembinaan Kejujuran pada anak di Lembaga Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pembinaan Disiplin pada anak di Lembaga Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui Bagaimana pembinaan Tanggungjawab pada anak di Lembaga Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Untuk analisa data menggunakan analisis sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan, trianggulasi, perpanjangan waktu, pemeriksaan teman sejawat, pengujian transferbilitas, pengujian dependibilitas, dan pengajuan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembinaan akhlakul karimah tentang kejujuran ini yaitu selalu memantau tingkah laku anak asuh, tidak selalu ditekan untuk mengatakan kebenaran. Seorang pendidik dalam membina akhlak ketika dalam pelajaran juga harus berkata sesuai kenyataan.Kemudian anak asuh tersebut diberikan arahan, pemahaman dan nasehat secara perlahan dan lemah lembut mengenai karakterkejujuran. Arahan, pemahaman dan nasehat yang diberikan akan membuatanak asuh menjadi faham serta melaksanakan karakter kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. 2) Pembinaan kedisiplinan pada anak asuh ini diantaranya, adanya pendekatan secara sabar dan telaten oleh bapak pengasuh dan lainya, diberlakukanya sholat tepat waktu secara berjama’ah, dan jadwal-jadwal kegiatan lainya yang sudah ditetapkan oleh Lembaga maka seorang anak akan disiplin terhadap waktu kegiatan-kegiatan yang sudah ditentukan. 3) Pembinaan tanggung jawab pada anak asuh ini yaitu harus ada pendekatan-pendekatan dan motivasi-motivasi pada anak asuh tersebut. Dengan adanya kegiatan mereka yang penuh maka diharapkan lama-kelamaan anak asuh tersebut akan sadar bahwa apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya harus dikerjakan dengan baik dan tepat waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133261 TRI NOVA QONAAH
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:35
Last Modified: 07 Jul 2017 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5338

Actions (login required)

View Item View Item