IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MELALUI SISTEM ZONASI PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMA DI KABUPATEN JOMBANG

KHALIMATUS SA’ DIYAH, 12103183004 (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MELALUI SISTEM ZONASI PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMA DI KABUPATEN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem zonasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memajukan indonesia dalam hal bidang pendidikan. Sistem zonasi pada peserta didik didasarkan pada jarak tempat tinggal ke sekolah yang telah ditentukan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. Dengan sistem zonasi diharapkan sekolah memiliki kualitas yang sama dan tidak ada lagi sekolah favorit melainkan sekolah yang populer sebagai pelanggan pendidikan. Penerimaan peserta didik baru merupakan salah satu mekanisme penyelenggaraan pendidikan jenjang tahun ajaran baru dengan menggunakan sistem zonasi pada penyeleksian terhadap calon peserta didik baru yang telah dilakukan oleh satuan pendidikan guna diterima sebagai peserta didik sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan Penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi pada peserta didik tingkat SMA di tinjauan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 dan untuk mengetahui evektifitas kebijakan Penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi pada peserta didik tingkat SMA di tinjauan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini akan menyelidiki, menjelaskan, menganalisis permasalahan yang sesuai dengan kebijakan sistem zonasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menelaah sumber-sumber yang tertulis dengan membaca, menganalisis data-data dari literatur atau sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberlakukannya sistem zonasi pada peserta didik tingkat SMA berjalan lancar namun masih menuai permasalahan terkhusus mengenai kendala teknis yang terjadi dalam sistem online, terkait kecurangan jual beli kursi. Kata Kunci: Sistem zonasi, Peserta didik, Penerimaan Peserta Didik Baru, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183004 KHALIMATUS SA'DIYAH
Date Deposited: 21 Sep 2024 06:49
Last Modified: 21 Sep 2024 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53407

Actions (login required)

View Item View Item