MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN NON AKADEMIK MELALUI PEMBELAJARAN MEMBATIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MTsN 6 BLITAR

LINDA INAYATI, 126207203124 (2024) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN NON AKADEMIK MELALUI PEMBELAJARAN MEMBATIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Mutu Pendidikan Non Akademik Melalui Pembelajaran Membatik dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh LINDA INAYATI, NIM. 126207203124, Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci: Kreativitas Peserta Didik, Manajemen Mutu, Pembelajaran Membatik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan siswa dalam berkreativitas belajar yang dipengaruhi oleh perkembangan arus globalisasi terutama teknologi. Adanya teknologi menyebabkan siswa terbiasa dengan hal instan sehingga kemampuan anak untuk berimajinasi dan rasa ingin tahu menurun. Padahal jika digunakan dengan baik teknologi dapat membantu sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini peran guru sangat diperlukan dalam mengelola dan menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kreativitas siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di MTsN 6 Blitar sebagai objek penelitian yang memiliki nilai seni keterampilan membatik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi guru dalam meningkatkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran membatik di MTsN 6 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pola: kondensasi, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan credibility, tranferability, dependability, dan confirmability. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan kegiatan dalam meningkatkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran membatik diawali dengan rapat kepala sekolah bersama guru guna menyusun tim serta alur kegiatan. Pada perencanaan juga memperhatikan kebutuhan siswa dengan memberikan pembekalan materi batik serta menyiapkan alat dan bahan membatik. Selain itu, juga menentukan waktu yang efektif guna melaksanakan pembelajaran membatik. 2) Pelaksanaan pembelajaran membatik disesuaikan dengan rencana yang telah disusun dengan menyelenggarakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan seluruh keperluan alat dan bahan sudah siap. Seluruh peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran membatik serta mampu bekerjasama dan berkreativitas pada model batik yang dipraktikkan dengan membuat corak dan warna sesuai imajinasi masing-masing anak yang digabungkan menjadi satu karya. 3) Evaluasi pembelajaran membatik MTsN 6 Blitar dilakukan guru dengan memastikan seluruh kegiatan dilakukan sesuai rencana yang telah disusun dan melihat langsung hasil karya batik. Melihat kendala yang terjadi serta mencari solusi guna perbaikan. Pembelajaran membatik memberikan mafaat bagi pengembangan potensi diri siswa, meningkatkan mutu sekolah serta meningkatkan keterampilan siswa dalam berkreativitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203124 LINDA INAYATI
Date Deposited: 21 Sep 2024 09:48
Last Modified: 21 Sep 2024 09:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53436

Actions (login required)

View Item View Item