PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL GEDRIK PADA MATERI BENTUK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I DI MIN 7 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ABDULLAH SHIDIQ AL AMIN, 126205201048 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL GEDRIK PADA MATERI BENTUK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengembangan Media Permainan Tradisional Gedrik pada Materi Bentuk Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I di MIN 7 Tulungagung yang ditulis oleh Muhammad Abdullah Shidiq Al Amin, NIM 126205201048, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan. Dosen Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Media Permainan Tradisional Gedrik. Penelitian ini didasarkan atas kurang tepatnya pemilihan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi, kebutuhan dan kondisi siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar yaitu permainan tradisional gedrik. Permainan gedrik atau engklek adalah permainan yang dilakukan dengan cara melempar batu kemudian melompat dengan satu kaki pada bidang-bidang datar yang digambar tanpa melewati atau menyentuh batas garis. Tujuan yang diharapkan dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini adalah 1) Untuk memvalidasi media Permainan Tradisional Gedrik pada materi Bentuk Bangun Datar pembelajaran Matematika. 2) Untuk mengetahui kepraktisan media Permainan Tradisional Gedrik pada materi Bentuk Bangun Datar pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar. 3) Untuk mengetahui pengembangan media Permainan Tradisional Gedrik pada materi Bentuk Bangun Datar mata pelajaran Matematika terhadap hasil belajar. 4) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran media Permainan Tradisional Gedrik pada materi Bentuk Bangun Datar mata pelajaran Matematika. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang memiliki tahapan. Model ADDIE singkatan dari Analyze (analisa), Design (desain/perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi/eksekusi) dan Evaluation (evaluasi/umpan balik). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket atau kuisoner, tes dan observasi. Berdasarkan hasil akhir dari penelitian dan pengembangan tentang Pengembangan Permainan Tradisional Gedrik pada Materi Bentuk Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I di MIN 7 Tulungagung yang telah dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Validasi produk media permainan tradisional gedrik pada materi bangun datar kelas I di MIN 7 Tulungagung memperoleh rata-rata 76% dengan kualifikasi valid. Pengembangan media permainan tradisional gedrik dapat dinyatakan praktis dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan mendapatkan rata-rata 94%. Nilai yang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah menggunakan media permainan tradisional gedrik. Sebelum menggunakan media permainan tradisional gedrik, ketuntasan peserta didik memperoleh rata-rata 29% kemudian setelah menggunakan media permainan tradisional gedrik ketuntasan peserta didik memperoleh rata-rata 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201048 MUHAMMAD ABDULLAH SHIDIQ AL AMIN
Date Deposited: 22 Sep 2024 06:13
Last Modified: 22 Sep 2024 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53472

Actions (login required)

View Item View Item