PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KUSUMA MULIA PLERINGAN

NILA ROHMATUL AULA, 126206202048 (2024) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KUSUMA MULIA PLERINGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Kusuma Mulia Pleringan" ini ditulis oleh Nila Rohmatul Aula NIM. 126206202048. Dosen Pembimbing: Bapak Ahmad Mushlih, M.Pd. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2024. Kata Kunci: Permainan Ular Tangga, Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah. Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan didunia pendidikan terdapat beberapa hambatan anak untuk mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar seperti rasa malas dan kurangnya metode atau media pembelajaran. Komponen-komponen peranan media tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain dari kegiatan pembelajaran, dengan media peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar. Media yang digunakan untuk pembelajaran haruslah menarik perhatian anak, dimana media akan merangsang munculnya pemikiran yang baru bagi anak didik. Bermain sambil belajar dipilih agar pembelajaran lebih menarik tanpa adanya paksaan dan tekanan. Oleh karena peneliti menggunakan media permainan yaitu media permainan ular tangga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Kusuma Mulia Pleringan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Kusuma Mulia Pleringan dan seberapa signifikan pengaruh tersebut. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pada metode eksperimen dengan bentuk desain Quasi Experimental Desaign dengan tipe nonequivalent control group desaign. Lokasi penelitian ini di TK Kusuma Mulia Pleringan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 30 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum nilai mean, nilai maksimum dan minimum pada kelompok eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hasil analisis uji t-independent sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 9.997. Nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%) maka dengan demikian hasil dari penelitian menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan ular tangga terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202048 NILA ROHMATUL AULA
Date Deposited: 22 Sep 2024 06:40
Last Modified: 22 Sep 2024 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53484

Actions (login required)

View Item View Item