NOVIANA OKTAVIA, 1880505220025 (2024) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA (Studi Multisitus di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MI Al-Maarif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Noviana Oktavia, 2024, Tesis dengan judul “Peran Guru dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama (Studi Multisitusdi MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh, Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing 1) Prof. Dr.Nur Kholis, S. Ag, M.Pd., 2) Dr. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Moderasi Beragama Upaya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 perlu terbentuknya karakter generasi muda-mudi yang baik. Penumbuhan sikap moderasi beragama merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menciptakan generasi yang mampu bersaing di kancah dunia. Penumbuhan sikap moderasi beragama perlu pendampingan oleh guru, sehingga guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa peran guru dalammenumbuhkan karakter siswa sangat berpengaruh bagi siswa. Hal ini juga terjadi di MI Manba’ul ’Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama (tawassuth, tawazun, tasamuh) di MI Manba’ul ’Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan 1) Peran guru dalam menumbuhkan sikap tawassuth, 2) Peran guru dalam menumbuhkan sikap tawazun, 3) Peran guru dalam menumbuhkan sikap tasamuh di MI Manba’ul ’Ulum Buntaran dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. xx Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan,dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan mulai dari analisis data tunggal dan analisis data multisitus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas,transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah siswa MI Manba’ul ‘Ulum dan MI Al-Ma’arif Kedungwaru sudah mengetahui konsep moderasi beragama secara umum. Pada praktiknya, sikapmoderasi beragama sudah sangat diterapkan di madrasah ini. Penerapan sikap moderasi beragama dilakukan oleh siswa melalui pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan membaca surat Al-Waqi’ah setiap pagi, pembelajaran P5, dan pada pendekatan-pendekatan secara personal kepada siswa, kajian yang disampaikan oleh mubaligh, pembiasaan untuk selalu mengajarkan sikap minta maaf setelah melakukan kesalahan, dan memberikan pengertian-pengertian dasar terhadap semua agama yang ada di Indonesia
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 1880505220025 NOVIANA OKTAVIA |
Date Deposited: | 22 Sep 2024 07:28 |
Last Modified: | 22 Sep 2024 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53492 |
Actions (login required)
View Item |