AINUN AMALIA, 126212211001 and IVAN ASHIF ARDHANA, 199212082019031011 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (507kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (406kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (538kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (394kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk Melatih Kemampuan Literasi Kimia Siswa Kelas XI SMA/MA” ditulis oleh Ainun Amalia, NIM : 126212211001, dosen pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Laju Reaksi, Inkuiri terbimbing , Literasi Sains, Literasi Kimia Literasi sains merupakan kemampuan menjelaskan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sains dan berdasarkan bukti ilmiah. Berdasarkan hasil assessment yang dilakukan oleh PISA menunjukkan bahwa tingkat literasi sains peserta didik di Indonesia masih rendah, kurangnya kemampuan literasi sains mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari. Materi laju reaksi adalah salah satu materi kimia yang membutuhkan kemampuan literasi sains dalam menyelesaikan masalah, laju reaksi merupakan materi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari- hari. Peserta didik kesulitan dalam mengaitkan konsep laju reaksi dalam menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar karna kurangnya pemahaman peserta didik dalam memahami bacaan. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terintegrasi literasi sains pada materi kimia dapat membantu melatih kemampuan literasi sains pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development yang bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembangan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi laju reaksi untuk melatih literasi kimia (2) mengetahui tingkat kelayakan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi laju reaksi untuk melatih literasi kimia (3) mengetahui respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi laju reaksi untuk melatih literasi kimia. Prosedur pada penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, namun pada penelitian ini hanya terbatas sampai tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan) karena terbatasnya waktu, biaya dan tenaga. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara guru kimia, pedoman wawancara peserta didik, angket analisis kebutuhan, lembar validasi untuk uji validitas Produk yang dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia, lembar respon peserta didik untuk uji coba dengan tujuan untuk mengetahui respon peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-B SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dari hasil wawancara analisis kebutuhan dan analisis kuantitatif dari hasil validasi ahli materi dan ahli media dan angket respon peserta didik dengan menghitung persentase rata-ratanya. Berdasarkan hasil wawancara guru kimia dan peserta didik menyatakan bahwa diperlukan bahan ajar dalam pembelajaran laju reaksi yang memuat fenomena atau isu di lingkungan sekitar untuk memahami konsep dan literasi sains untuk mengaplikasikan pengetahuan konsep yang telah dipelajari pada lingkungan sekitar. Pada penelitian didapatkan (1) pembangan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi laju reaksi untuk melatih literasi kimia menggunakan model 4D, (2) hasil uji validitas ahli media produk E-LKPD mendapatkan persentase sebesar 93% dengan kategori sangat valid sedangkan hasil validitas ahli materi mendapat persentase sebesar 91% dengan kategori sangat valid (3) hasil uji respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dinyatakan valid dan efektif digunakan untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi laju reaksi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Kimia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | 126212211001 AINUN AMALIA |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 08:33 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 08:33 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
