IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL QURAN JUZ 30 PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG

NURUL QOMARIA, 126206203084 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL QURAN JUZ 30 PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (594kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)

Abstract

Pembelajaran menghafal Al Qur’an merupakan upaya dalam membiasakan mengenal huruf Al Qur’an sejak usia dini sehingga meminimalisir ktidakmampuan anak dalam membaca Al Qur’an dan berupaya dalam melestarikan Al Qur’an. Pada dasarnya anak usia dini memiliki daya ingat yang lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa karena neuron-neuron pada anak sedang berkembang dengan sangat pesat sehingga apapun yang dia peroleh melaui panca indranya akan mudah diingat begitupun ketika anak menghafal Al Qur’an akan lebih memudahkan jika dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang. Namun, disisi lain juga dihadapkan oleh karakteristik anak usia dini yang memiliki rentang konsentrasi yang relatif pendek. Sehingga pembelajaran menghafal al-Qur’an pada anak usia dini harus disesuaikan dengan karakteristik serta kebutuhannya. Maka, diperlukan adanya strategi yang tepat, benar, dan akurat agar pembelajaran yang diinginkan menyenangkan tetapi mampu tercapai tujuan yang diharapkan dan menjadi pondasiyang kuat bagi peserta didik dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian di TK Al Munawwar dikarenakan lembaga memiliki program menghafal Al Qur’an juz 30 yang diwajibkan kepada seluruh peserta didiknya. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini (1) Bagaimana perencanaan dalam Pembelajaran Menghafal Al Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Munawwar Tulungagung (2) Bagaimana implementasi dalam Pembelajaran Menghafal Al Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Munawwar Tulungagung (3) bagaimana evaluasi dalam Pembelajaran Menghafal Al Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Munawwar Tulungagung Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan trigulasi sumber, dan trigulasi teknik adapun sumber penelitian yakni Kepala Sekolah dan Guru kelas kelompok B2. Hasil penelitian tentang pembelajaran menghafal Al Qur’an Juz 30 pada Anak Usia Dini. Yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran Menghafal Al Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Munawwar Tuungagung. 2) Implementasi Pembelajaran Menghafal Al Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Munawwar Tuungagung. 3) Evaluasi Pembelajaran Menghafal Al Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Munawwar Tuungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206203084 NURUL QOMARIA
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:58
Last Modified: 24 Sep 2024 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53494

Actions (login required)

View Item View Item