STRATEGI GURU DALAM MENJAMIN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ABDUL BASIT AL KHAKIM, 126205202080 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENJAMIN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Guru dalam Menjamin Pemenuhan Hak dan Perlindungan Peserta Didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Abdul Basit Al Khakim, NIM 126205202080, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Pemenuhan Hak, Perlindungan Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi akan pentingnya pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik, yang mana hak peserta didik itu harus dijaga, dihormati, dan dilindungi. Dalam ini, peneliti tertarik mengkaji di MI Hidayatul Mubtadiin, karena sekolah tersebut memberikan pelayanan kepada peserta didik dengan optimal dan mengkonsep pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik dengan baik, serta selalu melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dalam proses pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan strategi guru dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin, dirancang bersama pada rapat kerja guru sebelum awal tahun ajaran, dan membuat perencanaan mengenai enam aspek hak yang akan diberikan kepada peserta didik, meliputi hak pendidikan, hak perlindungan, hak kesehatan, hak rekreasi, hak bermain, dan hak kesetaraan, (2) Pelaksanaan strategi guru dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin, dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, meliputi hak pendidikan, hak perlindungan, hak kesehatan, hak rekreasi, hak bermain, dan hak kesetaraan, (3) Evaluasi strategi guru dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin, dilaksanakan dengan meminta kritik dan saran peserta didik terkait pelayanan guru dan rapat evaluasi guru pada akhir tahun ajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202080 ABDUL BASIT AL KHAKIM
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:31
Last Modified: 23 Sep 2024 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53505

Actions (login required)

View Item View Item