PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DI MI ROUDHOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

FEBRI ALFIN MAGHFURI, 12205183343 (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DI MI ROUDHOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Febri Alfin Maghfuri. NIM: 12205183343. Skripsi. Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Judul: Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi di MI Roudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Peran Guru, Mengembangkan Kreativitas, Ekstrakurikuler Kaligrafi. Guru mempunyai banyak peran dalam perpektif kegiatan belajar mengajar, dan peran guru merupakan instrumen utamadalam kegiatan belajar mengajar sekaligus juga pengembangan peserta didik.Pada sisi lain kreativitas peserta didikpengembangannya harus mendapatkan support dari orang lain terutama dari guru. Sementara itu ekstrakurikuler kaligrafi merupakan kegiatan yang mempunyai potensi untuk mendukung pengembangan kreativitas peserta didik. Analisis inilah yang melatarbelakangi kajian tentang peran guru dalam pengembangan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Fokus Penelitian: 1). Bagaimana peran guru sebagai edukator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstra kurikuler kaligrafi di MI Roudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? 2). Bagaimana peran guru sebagai inovator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstra kurikuler kaligrafi di MI Roudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung? 3). Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstra kurikuler kaligrafi di MIRoudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. Tujuan Penelitian: 1). Untuk menjelaskan peran guru sebagai edukator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di MIRoudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung, 2). Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai inovator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di MIRoudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung, 3). Untuk mengemukakan peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di MIRoudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Metode Penelitian: 1). Rancanan Penelitian: Kualitatif, 2). Peneliti hadir di lokasi penelitian yaitu MI Roudhotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. 3). Sumber Data: Kepala Madrasah, Guru, Peserta didik, 4). Teknik Pengumpulan data: Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, 5). Teknik Analisa Data: Induktif. Hasil Penelitian: 1). Peran guru sebagai edukator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi diimplementasikan melalui upaya pemberian semangat (motivasi) kepada siswa, pemberian fasilitas pengembangan kreativitas, adanya perencanaan dan eksekusi kegiatan yang tepat, pengembangan pola pikir positif dan adanya keteladanan atau pemberian contoh oleh guru kepada siswa. 2). Peran guru sebagai inovator dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi diimplementasikan dalam bentuk semangat peningkatan kualitas diri guru, penyesuaian dengan tuntutan ilmupengetahuan. 3). Peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kreativitaspeserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi diwujudkan dalam bentuk pengembangan keahlian teknis oleh guru, penambahan tenaga teknis dan adanyadedikasi yang dinamis dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183343 FEBRI ALFIN MAGHFURI
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:58
Last Modified: 23 Sep 2024 01:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53514

Actions (login required)

View Item View Item