SABRINA AISYAH WULANDARI, 12205183040 (2024) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 MI HIDAYATUL MUBTADI’IN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar IPA dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 MI hidayatul mubtadi’in wates sumbergempol” ini ditulis oleh Sabrina Aisyah Wulandari NIM 12205183040, pembimbing Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Sumber Belajar, Minat Belajar Sebagai pendidik yang dituntut untuk berinovasi dan menggunakan kreativitas dalam pembelajaran, pendidik juga perlu memperhatikan minat siswa dalam belajar. Pembelajaran dengan metode, media dan sumber belajar yang monoton dapat memicu kebosanan pada siswa terlebih pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Peneliti beraggapan bahwa memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar IPA dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Tulungagung. (2) Mendiskripsikan apa saja kendala yang ditemukan dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Tulungagung. (3) Mendiskripsikan apa saja kelebihan dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis, Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, peyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, uji tranferabilitas, dan uji dependabilitas. Hasil dari penelitian ini ialah (1) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar bertujuan untuk sarana pendidikan karakter siswa yang mandiri, disiplin, tanggung jawab, dan peduli akan lingkungan. Selain itu, dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sehingga peserta didik mampu memahami materi dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. (2) Pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates diadakan dengan metode karyawisata dengan mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan informasi belajar siswa.. (3) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar di MI Hidayatul Mubtdai’in Wates dilaksanakan dengan bertahap,. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yaitu sulitnya mengontrol peserta didik di luar kelas, faktor cuaca, waktu yang terbatas, dan hal-hal yang memecahkan konsentrasi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183040 SABRINA AISYAH WULANDARI |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:50 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53517 |
Actions (login required)
View Item |