IMPLEMENTASI METODE TTS (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI RAKYAT SISWA KELAS VII MTsN 6 TULUNGAGUNG

DINA FITRIA DEWI, 126210203132 (2024) IMPLEMENTASI METODE TTS (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI RAKYAT SISWA KELAS VII MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (662kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Metode, Teka-Teki Silang, Pembelajaran Puisi Rakyat Zaman saat ini guru dituntut untuk kreatif dan terampil dalam mengajar, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah umum. Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen penting yang berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran siswa, salah satunya yaitu pemilihan metode pembelajaran. Apabila guru kurang kreatif dalam memilih metode pembelajaran, maka akan mempengaruhi pada proses pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi metode TTS (teka-teki silang) dalam pembelajaran teks puisi rakyat siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan guru dalam implementasi metode TTS dalam pembelajaran teks puisi rakyat yaitu guru menyusun RPP, menentukan sumber pembelajaran yang akan dipakai, dan menyiapkan evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan guru dalam implementasi metode TTS (teka-teki silang) dalam pembelajaran teks puisi rakyat siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung yaitu guru menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran, pada inti pembelajaran guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dan lengkah-langkah membuat TTS, dilanjutkan dengan kegiatan berkelompok, mengisi TTS dan pembahasan. (3) Evaluasi guru dalam implementasi metode TTS (teka-teki silang) dalam pembelajaran teks puisi rakyat siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung yaitu guru memberi penilaian secara tertulis sesuai rubrik penilaian. Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menilai kerjasama siswa saat berkelompok, penilaian ketrampilan dinilai dari terampilnya siswa menyusun kolom-kolom TTS sesuai kata kunci yang ditentukan, sedangkan penilaian pengetahuan dilakukan sesuai dengan penentuan kata kunci yang dibuat dengan materi yang dipelajari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210203132 DINA FITRIA DEWI
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:54
Last Modified: 24 Sep 2024 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53520

Actions (login required)

View Item View Item