PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN KOTA BLITAR SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016/2017

Tut Wuri, 2814133189 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN KOTA BLITAR SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Tut Wuri, NIM.2814133189. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII MTsN Kota Blitar Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu UmmuSholihah, M.Si. Kata Kunci: Examples Non Examples,alatperaga, himpunan. Fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional menjadikan siswa kurang aktif dan kreatif, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bias membuat siswa lebih aktif, salah satunya model pembelajaran Examples Non Examples berbasis alat peraga. Model pembelajaran Examples Non Examples membelajarkan kepekaan siswa melalui analisis contoh-contoh berupa gambar, yang nantinya akan menarik minat belajar siswa serta akan membuat siswa menjadi lebih kritis dalam pembelajaran, sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Alat Peraga yang digunakan adalah flashcard, alat ini menggunakan kartu bergambar untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN Kota Blitar semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN Kota Blitar semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Kota Blitar.Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sample random.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Untuk mengetahui besar pengaruh menggunakan perhitungan effect size. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN Kota Blitar semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan oleh nilai dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (87,11) dan nilai rata-rata kelas kontrol (78,68).Untuk besar pengaruh diperoleh 0,88 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s 82% tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133189 Tut Wuri
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:02
Last Modified: 14 Jul 2017 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item View Item