IZAELATUL LAELA, 2814133095 (2017) TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET KELAS XI APK 3 SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (858kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (290kB) |
||
|
Text
Daftar isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Kelas XI APK 3 SMK PGRI 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Izaelatul Laela, NIM. 2814133095, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soal, Barisan dan Deret. Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena bahwa kemampuan berpikir kreatif memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Anak yang sudah terbiasa melakukan tindakan kreatif nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, tangguh dan ulet. Sehingga kreatifitas dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Setiap anak mempunyai tingkat kreatifitas yang berbeda-beda. Dalam belajar matematika banyak anak didik yang masih ragu-ragu dalam menyelesaikan soal matematika dan belum dapat mengembangkan kreatifitasnya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan menjadi motivasi siswa serta menjadi perhatian guru untuk mencari solusi dalam mengembangkan kreatifitas siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal barisan dan deret kelas XI APK 3 SMK PGRI 1 Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (2) untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal barisan dan deret XI APK 3 SMK PGRI 1 Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (3) untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal barisan dan deret XI APK 3 SMK PGRI 1 Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berupa data tes tertulis, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Adapun pemilihan subjek penelitian ini didasarkan pada nilai rapor siswa dan hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) siswa yang berkemampuan tinggi dapat mencapai kreatifitas pada tingkat 3 (kreatif). Pada tingkat ini komponen kreatifitas yang terpenuhi adalah kefasihan dan fleksibilitas. Siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar dan dapat menggunakan beberapa cara untuk menyelesaikan soal. (2) Siswa yang berkemampuan sedang kreatifitasnya juga mencapai tingkat 3 (kreatif). (3) Siswa yang berkemampuan rendah kreatifitasnya mencapai tingkat 1 (kurang kreatif). Pada tingkat ini komponen kreatifitas yang terpenuhi adalah kefasihan saja. Siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar tetapi tidak dapat menggunakan beberapa cara untuk menyelesaikan soal. Dalam penelitian ini belum ada siswa yang memenuhi kebaruan sehingga belum dapat mencapai kreatifitas pada tingkat 4 (sangat kreatif).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133095 IZAELATUL LAELA |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5356 |
Actions (login required)
View Item |