IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SIE KEROHANIAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 KOTA KEDIRI

QUTRUNNADA NAFI QUSNA DEWI, 126201203317 (2024) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SIE KEROHANIAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di SMK Negeri 2 Kota Kediri”, ditulis oleh Qutrunnada Nafi Qusna Dewi, NIM 126201203317, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. NIDN.2003018502 Kata kunci : Implementasi, Ekstrakurikuler, Kerohanian Islam, Akhlak Peserta didik. Mata pelajaran PAI khususnya di SMK Negeri 2 Kota Kediri hanya tiga jam pelajaran per minggu, hal ini mengakibatkan peserta didik hanya mendapatkan materi saja tanpa mengetahui apakah sudah benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan karena banyaknya kemerosotan moral yang terjadi saat ini maka diperlukan tambahan pengetahuan agama islam sebagai benteng bentuk pencegahan bagi peserta didik agar tidak terbawa arus. Untuk itu perlu adanya perbaikan moral dan akhlak bagi peserta didik salah satunya yakni melalui kegiatan ekstrakurikuler sie kerohanian islam (DJM) yang ada di SMK Negeri 2 Kota Kediri. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler sie kerohanian islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMK Negeri 2 Kota Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler sie kerohanian islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMK Negeri 2 Kota Kediri? (3) Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler sie kerohanian islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMK Negeri 2 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) Perencanaan ekstrakurikuler sie kerohanian islam (DJM) di SMK Negeri 2 Kota Kediri. Ada beberapa tahapan yakni meliputi pada tahap awal, direncanakan terlebih dahulu secara keseluruhan dalam RAPB sekolah yang melibatkan banyak pihak, menentukan tujuan dari kegiatan dan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan beserta waktunya, penyusunan proker (program kerja), pengaturan pendayagunaan manusia (penentuan pelatih atau guru) dan pengaturan finansial. (2) Pelaksanaan ekstrakurikuler sie kerohanian islam (DJM) di SMK Negeri 2 Kota Kediri. Dalam pelaksanaannya dibagi dalam kegiatan mingguan seperti PPO (Pelatihan Pengembangan Organisasi) dan latihan rebana dilakukan setiap hari Rabu secara bergantian setiap pulang sekolah dimulai jam 15.30 sampai dengan 16.45. Kegiatan bulanannya ada KARIB (Kajian Remaja Islam Berjaya) dan diba’iyyah, kegiatan istighosah dan khotmil qur’an, serta pergantian mading. Semua dilaksanakan 3 bulan sekali setiap hari Sabtu (3) Evaluasi ekstrakurikuler sie kerohanian islam (DJM) di SMK Negeri 2 Kota Kediri. Terdapat dua macam evaluasi yaitu evaluasi perilaku (untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dalam mengimplementasikan apa yang diperoleh) dan juga evaluasi program (untuk melihat tingkat keberhasilan suatu program).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203317 QUTRUNNADA NAFI QUSNA DEWI
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:42
Last Modified: 23 Sep 2024 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53589

Actions (login required)

View Item View Item