ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERPEN SISWA KELAS IX MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG SEBAGAI RELEVANSI ALTERNATIF BAHAN AJAR

HANIIFAH HASNAA’ BAHIIROH, 12210193097 (2023) ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERPEN SISWA KELAS IX MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG SEBAGAI RELEVANSI ALTERNATIF BAHAN AJAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Haniifah Hasnaa’ Bahiiroh. 2023. Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerpen Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Tulungagung sebagai Relevansi Alternatif Bahan Ajar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Struktur, Kaidah Kebahasaan, Cerpen, Bahan Ajar Cerpen Penelitian ini dilatarbelakangi pada siswa MTsN 2 Tulungagung yang pernah meraih prestasi pada lomba menulis cerpen. Hanya saja prestasi yang diraih mengalami kemunduran akibat proses belajar yang terdampak covid. Khususnya pada kelas 9 yang harus melakukan pembelajaran berbasis daring saat duduk di kelas 7 dan 8, dimana seharusnya siswa sudah melakukan pembelajaran menulis secara tatap muka tetapi karena keterbatasan belajar selama covid menyebabkan pembelajaran menulis sedikit terhambat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsiskan struktur pada teks cerpen siswa kelas IX MTsN 2 Tulungagung, (2) mendeskripsikan kaidah kebahasaan pada teks cerpen siswa kelas IX MTsN 2 Tulungagung, (3) mendeskripsikan relevansi teks cerpen siswa kelas IX MTsN 2 Tulungagung sebagai alternatif bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks cerpen karya siswa kelas IX MTsN 2 Tulungagung. Hasil dari penelitian data diperoleh kesimpulan, pertama teks cerpen siswa disusun berdasarkan struktur yang dimulai dari orientasi sebagai pengenalan situasi dalam cerpen, komplikasi sebagai munculnya konflik dalam cerpen, dan resolusi sebagai munculnya penyelesaian masalah. Kedua ditemukan penggunaan kaidah kebahasaan dalam cerpen siswa, yaitu 13 data kalimat bermakna lampau, 25 data penggunaan dialog, penggunaan sudut pandang orang pertama pelaku utama, dan 46 data penggunaan kata sifat. Ketiga teks cerpen siswa dari segi struktur dan kaidah kebahasaan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran KD 4. 6 sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar dan media pengajaran dalam pembelajaran menulis teks cerpen

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193097 HANIIFAH HASNAA' BAHIIROH
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:07
Last Modified: 01 Oct 2024 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53590

Actions (login required)

View Item View Item