IMPLEMENTASI MEDIA CONGKLAK UNTUK PEMBELAJARAN BERHITUNG DAN PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA KARANGSONO

SYAHNAS SABRINA, 126206201022 (2024) IMPLEMENTASI MEDIA CONGKLAK UNTUK PEMBELAJARAN BERHITUNG DAN PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA KARANGSONO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Media Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung dan Pengenalan Warna pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Miftahul Huda Karangsono” ini ditulis oleh Syahnas Sabrina, NIM. 126206201022, pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Kata Kunci : Media Congklak, Kemampuan Berhitung, Pengenalan Warna Kemampuan berhitung dan pengenalan warna merupakan kemampuan penting bagi anak usia dini. Dibutuhkan strategi khusus agar kemampuan ini dapat dikuasai dengan baik oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan RA. Miftahul Huda Karangsono dalam meningkatkan kemampuan berhitung dan pengenalan warna kepada siswa melalui media congklak. Dengan permainan tradisional congklak anak dapat sambil belajar berhitung dengan menghitung bijibiji congklak dan mengenal warna pada biji congklak, selain itu juga ketika anak meletakkan biji-biji congklak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi media congklak untuk pembelajaran berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda Karangsono? (2) Bagaimana implementasi media congklak untuk pembelajaran pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda Karangsono? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat media congklak untuk pembelajaran berhitung dan pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda Karangsono?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media congklak untuk pembelajaran berhitung dan pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda Karangsono. Pada penelitian ini menggunaka metode kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk memperoleh data dengan mengamati siswa pada saat menggunakan media congklak. Sedangkan metode dokumentasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang pengalaman, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen RA Miftahul Huda Karangsono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media congklak mampu menarik peserta didik untuk belajar sambil bermain. Peserta didik sudah bisa berhitung 1 sampai 50 dan mengenal warna terutama warna primer, peserta didik mampu menghitung jumlah biji congklak dan juga mampu menyebutkan warna – warna pada biji congklak yang ada pada media tersebut, jadi dengan adanya media congklak tersebut dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan pengenalan warna pada anak khususnya pada anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda Karangsono.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201022 SYAHNAS SABRINA
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:53
Last Modified: 23 Sep 2024 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53597

Actions (login required)

View Item View Item