EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APIKASI E-REKLAME DAN DAMPAKNYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN BLITAR

DHIA FADRUROH, 126403201057 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APIKASI E-REKLAME DAN DAMPAKNYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-Reklame dan Dampaknya dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Dhia Fadruroh, NIM 126403201057, Program Studi Akuntansi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dyah Pravitasari, S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan aplikasi E-Reklame di Kabupaten Blitar dimana aplikasi ini masih belum digunakan oleh seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, perlu diketahui latar belakang serta tujuan dari penggunaan aplikasi tersebut, bagaimana efektivitas penggunaannya, serta bagaimana dampaknya terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah terutama dari sektor pajak reklame. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penggunaan aplikasi E-Reklame dalam mempermudah proses perizinan dan pembayaran pajak reklame di Kabupaten Blitar, (2) Mendeskripsikan dampak penggunaan aplikasi E-Reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Blitar, (3) Mendeskripsikan kendala penggunaan aplikasi E-Reklame dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut, (4) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi E-Reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian sequential exploratory design. Teknik pengumpulan data kualitatif di dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data kualitatif yang dilakukan menggunakan metode triangulasi sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan software Smart-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan aplikasi E-Reklame dilatarbelakangi oleh adanya temuan BPK atas adanya perbedaan jumlah reklame yang terbit izinnya dengan reklame yang sudah dibayar pajaknya. Aplikasi ini digunakan oleh Bapenda Kabupaten Blitar dan DPMPTSP Kabupaten Blitar untuk proses input data perizinan hingga terbit ketetapan pajak reklamenya. (2) Penggunaan aplikasi E-Reklame memberikan dampak penurunan terhadap penerimaan pajak reklame, (3) Kendala di dalam penggunaan aplikasi E-Reklame terbagi menjadi kendala teknis dan non-teknis, (4) Aplikasi E-Reklame dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebab terpenuhinya tujuan utama dari penggunaan aplikasi tersebut. Kata Kunci: Aplikasi E-Reklame, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah, Efektivitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403201057 DHIA FADRUROH
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:33
Last Modified: 23 Sep 2024 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53616

Actions (login required)

View Item View Item