PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TEORI POLYA SISWA KELAS XI SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NIKMATUS SALAMAH, 126204203185 (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TEORI POLYA SISWA KELAS XI SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Nikmatus Salamah, NIM 126204203185, dosen pembimbing Nani Sunarmi, S.Sc.,M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis , Teori Polya. Pembelajaran Matematika kerap dianggap sebagai suatu pembelajaran yang sangat rumit dan sulit, salah satunya di SMAN 1 Kalidawir. Hal ini dikarenakan siswa kelas XI SMAN 1 Kalidawir Tulungagung kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki tergolong masih rendah. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dianggap belum mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)Mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya siswa kelas XI SMAN 1 Kalidawir; 2)Mengetahui besar pengaruh penerapan pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya siswa kelas XI SMAN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi experimental design (post-test only). Sampel dipilih dengan Teknik purposive sampling berupa kelas control (XI-3) dan kelas eksperimen (XI-4). Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata nilai posttest kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen 70,94 dan pada kelas kontrol 51,47. Hasil uji t-independent sample test menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H_α diterima dan H_0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian juga diketahui nilai t_0 atau t_hitung= -4,714 dengan db atau df = 59. Sehingga nilai effect size atau proporsi varian yang diperoleh adalah r^2=0,273594. Karena nilai r^2=0,27>0,25 maka tergolong dalam efek besar. Sehingga dapat disimpulkan: 1)Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya siswa kelas XI SMAN 1 Kalidawir Tulungagung; 2) Besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya siswa kelas XI SMAN 1 Kalidawir Tulungagung tergolong efek besar. Penelitian ini juga memberikan saram kepada beberapa pihak, yaitu: 1)Peneliti berharap siswa mampu mengetahui dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki berdasarkan kemampuan pemecahan masalah pada teori polya; 2)Peneliti berharap guru mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga diperoleh sistem pembelajaran yang lebih optimal dan dapat tercipta lingkungan belajar yang lebih menarik dan memotivasi siswa; 3)Penelliti berharap sekolah mampu menentukan dan menyusun program pembelajaran yang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran sehingga dapat mendukung pencapaian kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan kurikulum; 4)Peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat mencoba meneliti dengan model pembelajaran lainnya yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Sehingga penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih maksimal dan menambah wawasan lebih luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203185 NIKMATUS SALAMAH
Date Deposited: 24 Sep 2024 05:59
Last Modified: 24 Sep 2024 05:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53630

Actions (login required)

View Item View Item