SEPTIANA SARI, 126204202129 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (951kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (727kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (875kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (842kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII Materi Persamaan Garis Lurus SMP Muallimin Wonodadi Blitar”, ini ditulis oleh Septiana Sari, NIM 126204202129, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Mind Mapping, Pemahaman Rendahnya pemahaman siswa khususnya pada materi persamaan garis lurus yang dapat menghambat proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar (2) Mengetahui besar pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperiment dengan design the nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 134 siswa dengan seluruh kelas berjumlah 4 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji – t diperoleh nilai sig. = 0,006 ≤ sig. (2-tailed) = 0,05, (2) Besarnya pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar yaitu 0,719 atau 76% dengan kategori tergolong sedang. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi salah satu rekomendasi atau referensi untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202129 SEPTIANA SARI |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:13 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53641 |
Actions (login required)
View Item |