PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

SEPTIANA SARI, 126204202129 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (951kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (842kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII Materi Persamaan Garis Lurus SMP Muallimin Wonodadi Blitar”, ini ditulis oleh Septiana Sari, NIM 126204202129, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Mind Mapping, Pemahaman Rendahnya pemahaman siswa khususnya pada materi persamaan garis lurus yang dapat menghambat proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar (2) Mengetahui besar pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperiment dengan design the nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 134 siswa dengan seluruh kelas berjumlah 4 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji – t diperoleh nilai sig. = 0,006 ≤ sig. (2-tailed) = 0,05, (2) Besarnya pengaruh model discovery learning dengan mind mapping terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar yaitu 0,719 atau 76% dengan kategori tergolong sedang. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi salah satu rekomendasi atau referensi untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202129 SEPTIANA SARI
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:13
Last Modified: 24 Sep 2024 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53641

Actions (login required)

View Item View Item