SYAMSUL ARIFIN, 126201201053 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI ASWAJA DI MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi : “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Aswaja Di MTsN 9 Blitar” disusun oleh SYAMSUL ARIFIN, NIM. 126201201053, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata kunci : Peran Guru, Nilai Aswaja Peran guru Pendidikan Agama Islam bukan hanya memberikan pengetahuan mengenai ajaran agama Islam saja, melainkan juga membantu peserta didik untuk menerapkan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari hari terutama masalah nilai aswaja yang tampak jelas dalam kepribadian peserta didik. Menghadapi masalah nilai aswaja di era modern seperti sekarang ini sangat dibutuhkan peran guru pendidikan agama Islam dalam memberikan motivasi untuk memberikan kesadaran kepada peserta didik tentang pentingnya nilai aswaja, selain itu peran guru dalam menginspirasi dan mengadakan evaluasi juga sangat dibutuhkan dalam menanamkan nilai aswaja terhadap peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai aswaja di MTsN 9 Blitar, (2) Untuk memaparkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam menanamkan nilai aswaja di MTsN 9 Blitar, (3) Untuk memaparkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam menanamkan nilai aswaja di MTsN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis penelitian yaitu kondensasi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, dan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai aswaja dilakukan dengan memberikan nasihat baik didalam kelas maupun diluar kelas serta mengadakan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik tentang pentingnya berperilaku yang baik (2) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam menanamkan nilai aswaja dilakukan dengan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, membuat pembiasaan-pembiasaan yang baik dan juga membuat program-program keagamaan yang mendukung penanaman nilai aswaja terhadap peserta didik (3) Peran guru pendidiakn agama Islam sebagai evaluator dalam menanamkan nilai aswaja dilakukan dengan memberikan teguran dan hukuman kepada peserta didik yang melanggar peraturan, selain itu guru juga dapat melakukan evaluasi bulanan yang diikuti oleh seluruh guru untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan penanaman nilai aswaja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201053 SYAMSUL ARIFIN |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 06:36 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53648 |
Actions (login required)
View Item |