ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN MARMER DAN ONIX DI CV MUARA ALAM INDAH DESA GAMPING KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG

ZHAFARINA ERLIEN GENDINI, 126405203259 (2024) ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN MARMER DAN ONIX DI CV MUARA ALAM INDAH DESA GAMPING KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Manajemen Pemasaran Dalam Pengembangan Industri Kerajinan Marmer dan Onix di CV Muara Alam Indah Desa Gamping Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Zhafarina Erlien Gendini, NIM 126405203259, pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S., M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya pertumbuhan industri kecil dan menengah di Indonesia yang semakin berkembang pesat, terutama di sektor kerajinan marmer di Tulungagung, pada CV Muara Alam Indah ini memiliki berbagai produk dengan kualitas yang menarik. Dalam persaingan yang semakin ketat, CV Muara Alam Indah terus melakukan pemahaman dinamika pasar dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar mereka. Dengan mengelola manajemen pemasaran yang baik, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi kekayaan alam berupa cadangan marmer dan onix yang melimpah serta meningkatkan daya saing produk mereka. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi penentuan harga dalam industri kerajinan marmer dan onix di CV Muara Alam Indah Desa Gamping? 2) Bagaimana strategi promosi yang dilakukan pada industri kerajinan marmer dan onix di CV Muara Alam Indah Desa Gamping? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pada strategi penentuan harga perusahaan menggunakan metode Activity Based Costing dalam menghitung biaya produksi, yang mencakup biaya bahan baku, tenaga kerja, dan overhead pabrik. Mereka juga mempertimbangkan harga kompetitor yang sebanding untuk menjaga daya saing, sambil memfokuskan permintaan pasar terutama pada produk dinding dan lantai yang paling diminati konsumen. CV Muara Alam Indah menunjukkan pendekatan yang matang dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang komprehensif dalam manajemen penetapan harga, yang memungkinkan mereka untuk menjaga meningkatkan kinerja jangka panjang di pasar yang kompetitif ini. 2) Pada strategi promosi yang diterapkan oleh CV Muara Alam Indah untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan marmer dan onix melakukan strategi dengan penawaran langsung kepada rekan dan kerabat, platform media sosial seperti Instagram untuk menampilkan produk mereka. Penjualan personal dilakukan melalui pesan pribadi untuk menghubungi pelanggan secara langsung. Promosi penjualan melibatkan penawaran diskon yang dikirimkan secara pribadi atau langsung kepada pembeli. CV Muara Alam Indah menunjukkan komitmen yang kuat dalam merencanakan dan melaksanakan strategi promosi yang efektif, dan evaluasi terhadap respons pelanggan untuk meningkatkan kinerja promosi di masa depan. Kata Kunci : Manajemen, Pemasaran, Industri Kerajinan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405203259 ZHAFARINA ERLIEN GENDINI
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:51
Last Modified: 30 Sep 2024 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53663

Actions (login required)

View Item View Item