PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 BESUKI TULUNGAGUNG

ARDHIANA AYU FARADIBA, 12201193206 (2024) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (565kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konteks Penelitian Pelaksanaan Pembelajaran PAI dengan Profesional, merupakan tugas wajib Guru PAI, sehingga siswa mendapatkan haknya untuk mendapatkan kesempatan menjadi generasi bangsa yang berakhlak mulia. Garis besar melihat Profesionalitas Guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran adalah melalui bagaimana Guru PAI dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran Dengan fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana Profesionalisme Guru PAI dalam merencakan pembelajaran, (2) Bagaimana Profesionalisme Guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran,(3)Bagaimana Profesionalisme Guru PAI dalam menilai hasil pembelajan Siswa.Tujuan penelitian ini disusun untuk (1) Mengetahui Profesionalisme Guru PAI dalam merencanakan pembelajaran di SMPN 2 Besuki (2) Mengetahui Profesionalisme Guru PAI dalam melaksanakan pembelajran di SMPN 2 Besuki, dan (3) Mengetahui Profesionalisme Guru PAI dalam menilai Akhlak siswa SMPN 2 Besuki. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pola penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMPN 2 Besuki Tulungagung. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data penyajian data,penarikan kesimpulan dan verifikasi, serta didukung oleh studi pustaka yang berkaitan dengan pokok bahasan penelitian dan disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Besuki Kabupaten Tulungagung tercermin dalam tiga aspek utama. (1) Dalam menyiapkan pembelajaran, guru menyusun perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, Silabus, RPP, dan Sistem Penilaian untuk memudahkan proses mengajar dan menghindari tumpang tindih tujuan pembelajaran. (2) Dalam melaksanakan pembelajaran, guru menerapkan Tes awal, Proses, dan Tes akhir sebagai bagian dari konsep pembelajaran yang telah dirancang, sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan efektif dan efisien. (3) Dalam menilai pembelajaran, guru melakukan penilaian komprehensif melalui ulangan harian, ujian tengah semester, ujian semester ganjil, ujian semester genap, ujian praktik, dan ujian akhir sekolah untuk menentukan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193206 ARDHIANA AYU FARADIBA
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:39
Last Modified: 25 Sep 2024 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53668

Actions (login required)

View Item View Item