PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

LUKI PRAWIKANDI, 17205163246 (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Diskusi di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Luki Prawikandi, NIM 17205163246, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: peningkatan, keterampilan berbicara, diskusi Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang sering muncul terkait keterampilan berbicara masih belum terlaksana secara optimal, peserta didik masih merasa takut ketika berbicara di depan teman-temannya ataupun di depan kelas. Masalah ini merupakan masalah yang dialami oleh sebagian besar peserta didik dalam pembelajaran. Peserta didik seringkali tidak percaya diri apabila diminta berbicara di depan teman-temannya atau saat diminta untuk menyampaikan pendapatnya. Hal ini terjadi karena peserta didik kurang berlatih untuk berbicara di depan kelas. Maka dari itu, guru harus mempunyai metode pembelajaran yang efektif yaitu menerapkan metode diskusi. Dengan demikian, peserta didik terlihat lebih aktif, senang dan faham terhadap materi yang diajarkan. Fokus dari penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana peningkatkan keterampilan berbicara dalam menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia? (2) Bagaimana peningkatkan keterampilan berbicara dalam menyampaikan pendapat melalui metode diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia? (3) Bagaimana peningkatkan keterampilan berbicara dalam hal berbicara di depan kelas melalui metode diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia?. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode diskusi di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahannya data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peningkatkan keterampilan berbicara dalam menjawab pertanyaan melalui metode diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang pertama, dengan guru memberikan nilai tambahan kepada peserta didik yang mau menjawab pertanyaan, banyak peserta didik berebut untuk mendapatkan nilai tambahan tersebut. Kedua, guru memberikan soal lisan sehingga peserta didik berbebut dalam menjawab pertanyaan tersebut, hal tersebut dapat melatih peserta didik berbicara dalam menjawab pertanyaan. (2) Peningkatkan keterampilan berbicara dalam menyampaikan pendapat melalui metode diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang pertama, dengan guru memeberikan motivasi dan masukan-masukan kepada peserta didik, membuat peserta didik percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya. Kedua, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk berbicara menyampaikan pendapatnya, sehingga tidak hanya peserta didik itu saja yang menyampaikan pendapat. (3) Peningkatkan keterampilan berbicara dalam hal berbicara di depan kelas melalui metode diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang pertama, dengan guru menunjukan peserta didik yang malu dan pasif dalam diskusi untuk berbicara di depan kelas, sehingga dapat melatih keberanian peserta didik tersebut untuk berbicara di depan kelas. Kedua, peningkatan keterampilan berbicara ketika guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk berbicara di depan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163246 LUKI PRAWIKANDI
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:31
Last Modified: 30 Sep 2024 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53685

Actions (login required)

View Item View Item