PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN PEMAHAMAN PADA MATERI PPKn KELAS III DI MI RIYADLATUL ULUM TRENGGALEK

FAJAR EKAWATI, 1880505220018 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN PEMAHAMAN PADA MATERI PPKn KELAS III DI MI RIYADLATUL ULUM TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Pemahaman pada Materi Ppkn Kelas III di MI Riyadlatul Ulum Trenggalek” ditulis oleh Fajar Ekawati, NIM. 1880505220018 dengan pembimbing Dr. Hj. Luk luk Nur Mufida, M.Ag dan Dr. Adi Wijayanto, S.Or, S.Kom, M.Pd, AIFO. Kata kunci : Media Pop Up Book, Pemahaman Siswa, Sikap Toleransi. Penenitian dan pengembangan media pembelajaran Pop Up Book dilatar belakangi oleh penurunan sikap toleransi dan pemahaman terhadap materi PPKn. Perubahan kurikulum, peningkatan grade materi serta sistem pembelajaran yang ikut berubah membuat peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran, terlebih dengan guru yang masih menggunakan metode ceramah dan terkesan monoton, membuat peserta didik tidak tertarik serta merasa bosan. Sehingga perlu dilakukan sebuah inovasi pada media pembelajaran, dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan siswa. Penelitian dan pengembangan yang terfokus kepada pengaruh media pembelajaran terhadap perubahan sikap toleransi dan pemahaman siswa, mengambil rumusan masalah, meliputi (1) Bagaimana desain pengembangan media Pop Up Book dalam meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman pada materi PPKn kelas III MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek? (2) Bagaimana pengembangan media Pop Up Book dalam meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman pada materi PPKn kelas III MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek? (3) Bagaimana efektifitas penggunaan media Pop Up Book dalam meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman pada materi PPKn kelas III MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek? Penelitian dan pengembangan dilaksanakan dengan beberapa tujuan, meliputi (1) Menghasilkan desain produk media Pop Up Book Book dalam meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman pada materi PPKn kelas III MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek; (2) Menghasilkan pengembangan media Pop Up Book dalam meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman pada materi PPKn kelas III MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek; (3) Menghasilkan keefektifan penggunaan media Pop Up Book dalam meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman pada materi PPKn kelas III MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian dan pengembangan oleh Borg & Gall. Prosedur penelitian dimodifikasi kedalam tujuh tahap langkah penelitian, meliputi (1) Desain peneliatian pengembangan; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan bentuk awal produk; (4) Ujicoba awal; (5) Revisi produk; (6) Ujicoba lapangan; dan (7) Revisi produk operasional. Pengambilan langkah ini dengan pertimbangan penelitian telah mencapai efektifitas dan efisiensi produk dalam menjawab permasalahan. Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan, meliputi (1) Produk media pembelajaran Pop Up Book yang dapat meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman siswa; (2) Produk media yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat tinggi dengan prosentase 89,3% dari validasi tiga ahli materi pembelajaran dan 84,3% dari ahli media pembelajaran yang terkualifikasi “Sangat Valid”; (3) Produk media pembelajaran Pop Up Book dikembangkan untuk mengatasi penurunan sikap toleransi dan pemahaman siswa yang menunjukkan prosentase 88,73% terhadap ketuntasan belajar peserta didik dengan 86,67% peningkatan sikap toleransi, termasuk kedalam kategori “Sangat Valid”. Sehingga media pembelajran Pop Up Book dapat dinyatakan sangat efektif dalam mengatasi permasalahan penurunan sikap toleransi dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220018 FAJAR EKAWATI
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:30
Last Modified: 26 Sep 2024 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53688

Actions (login required)

View Item View Item