SOFIATUL FALAH, 126207203126 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
||
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Sofiatul Falah, NIM. 126207203126, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayiid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah adalah pemberian kewenangan dan tanggung jawab dalam pengelolaan sekolah dari pemerintah pusat kepada sekolah. Kebijakan yang semula dikendalikan oleh pemerintah pusat (sentralisasi) diserahkan sepenuhnya kepada sekolah (desentralisasi). Beralihnya sistem sentralisasi menuju desentralisasi membutuhkan banyak penyesuaian bagi pendidikan di Indonesia. Jika pada era sentralisasi kebijakan berasal dari pusat, maka di era desentralisasi sekolah memiliki otonomi untuk merumuskan kebijakan-kebijakan sendiri demi kemajuan sekolah. Desentralisasi manajemen pendidikan memberikan kesempatan kepada masing-masing sekolah untuk mengembangkan kebijakan maupun program yang disesuaikan dengan potensi dan lingkungan sekolah tersebut berada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana model-model manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung? 2) Bagaimana evaluasi dari model-model manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SMKN 2 Boyolangu Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, waka humas, waka kesiswaan, dan guru. Teknik analisis data terdiri atas kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan model�model manajemen berbasis sekolah di SMKN 2 Boyolangu sudah berjalan maksimal dengan cara mempercayakan/mendelegasikan ke setiap yang sudah ditugaskan. Indikator berhasilnya manejemen berbasis sekolah ada beberapa prinsip, diantaranya perlu adanya kemitraan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang belum didapatkan waktu di sekolah, perlu adanya keterbukaan agar sekolah memperoleh kepercayaan dan dukungan dari masyarakat, serta perlu adanya partisipasi warga sekolah agar program-program yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan sekolah. 2) Evaluasi dari model�model manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan secara periodik. Dalam pengawasan kepala sekolah mempunyai aplikasi google sheet untuk memantau sejauh mana program-program sekolah dilaksanakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203126 SOFIATUL FALAH |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:14 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53689 |
Actions (login required)
View Item |