PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LIMIT TRIGONOMETRI DI MAN 3 BLITAR

AHMAD MINANNUR ROHIM, 128512203004 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LIMIT TRIGONOMETRI DI MAN 3 BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Limit Fungsi Trigonimetri Di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Minannur Rohim dengan Promotor Dr. Muniri, M.Pd. dan Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci :, E-Modul, Hasil Belajar, Limit Fungsi Trigonometri, Pemecahan masalah, Pengembangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu temuan yang mendasar terhadap hasil belajar pada pemecahan masalah peserta didik. Sering ditemukan peserta didik mengalami kesulitan didalam mengerjakan soal dengan jawaban yang sistematis dan terstruktur. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran yang digunakan siswa belum memberikan pemahaman kepada siswa bahwa terdapat lebih dari satu solusi untuk menyelesaikan masalah matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Untuk mengetahui desain pengembangan produk berupa e-modul peserta didik pembelajaran matematika guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII; (2) Untuk mengetahui kelayakan e-modul peserta didik hasil pengembangan untuk digunakan sebagai salah satu e- modul matematika SMA/MA bedasarkan validasi ahli; (3) Untuk mengetahui keefektifan e-modul pembelajaran matematika guna meningkatkan hasil belajar pada materi kelas XII terhadap pemecahan masalah matematika Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development. Data yang digunakan adalah data validasi, angket respon, observasi, tes akhir dan wawancara. Penelitian bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul dapat membantu meningkatkan hasil belajar dalam pemecahan masalah peserta didik. Hasil penelitian dan pengamatan yang dilakukan diketahui bahwa (1) telah dihasilkan produk berupa e-modul yang dapat meningkatkan hasil belajar dalam pemecahan masalah siswa melalui model penelitian dan pengembangan ADDIE Branch. (2) Proses validasi yang telah dilakukan oleh 1 orang dosen matematika dan seorang guru MAN yang mengampu pelajaran matematika dan seorang praktisi pengembang media pembelajaran. Produk pengembangan e-modul yang sudah siap diuji cobakan ke peserta didik MAN 3 Blitar. Berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan diperoleh presentase menunjukkan bahwa e-modul dapat dikatakan valid, dengan persentase skor 81,8% dari ahli materi dan 79,7% dari ahli media. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa e-modul ini valid untuk digunakan; (3) Berdasarkan hasil observasi 36 peserta didik melalui angket yang disebar dimana didapatkan berdasarkan respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 80% untuk uji pemakaian; (4) Berdasarkan nilai tes akhir diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 85%, telah memenuhi syarat ketuntasan minimal, sehingga e-modul ini efektif untuk digunakan. Penelitian ini jauh dari kata sempurna sehingga saran untuk peneliti selanjutnya/ rekomendasi bahwa dalam penelitian selanjutnya bisa lebih memuat muatan metakognisi dari segala unsur yang ada di bagian modul atau e-modul dan lebih detail lagi dalam mengulas serta mendiskripsikan modul.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203004 AHMAD MINANNUR ROHIM
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:19
Last Modified: 30 Sep 2024 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53722

Actions (login required)

View Item View Item